Senjata Tradisional Papua Paling Mematikan, Belati dari Tulang Kasuari hingga Busur Panah

Fajar Hendra Jaya ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 07:42:00 WIT
Senjata Tradisional Papua Paling Mematikan, Belati dari Tulang Kasuari hingga Busur Panah
Belati dari tulang kasuari salah satu senjata tradisional Papua. (Foto : YouTube)

4. Tombak

Tombak merupakan salah satu senjata tradisional Papua yang juga sering digunakan masyarakat setempat untuk berburu bahan makanan. Tombak ini terbuat dari kayu yang dibuat dengan ukuran panjang 3 hingga 4 meter dan diruncing pada bagian ujungnya dengan sangat tajam agar mampu mematikan.

Tombak juga digunakan sebagai alat untuk berperang karena memiliki mata tombak yang runcing akan mampu menembus badan lawan hingga tewas. Senjata ini sangat efektif digunakan untuk berperang.

Selain itu, tombak juga digunakan untuk pelengkap tari-tarian dalam acara kebudayaan atau upacara adat.

5. Alat Tusuk

Senjata tradisional Papua yang terakhir yakni alat tusuk. Alat tusuk ini sering digunakan suku Bauzi yang merupakan suku asli Papua di bantaran sungai. 

Alat tusuk ini dibuat dari tulang kuskus yang kemudian diruncing dan dibentuk menyerupai anak panah. Senjata alat tusuk ini dapat digunakan untuk berburu hewan dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Alat tusuk ini sangat ramah lingkungan, karena tidak memerlukan proses industri yang mampu mencemari lingkungan sehingga alam pun bisa tetap terjaga. Untuk pembuatannya, disesuaikan dengan keinginan pemiliknya, bagaimana tingkat ketajaman dan keruncingan dari alat tusuk tersebut.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: