Serda A dan Prada V, 2 Oknum TNI AU Penginjak Kepala Warga Merauke Papua Resmi Tersangka

Faieq Hidayat · Rabu, 28 Juli 2021 - 18:50:00 WIT
Serda A dan Prada V, 2 Oknum TNI AU Penginjak Kepala Warga Merauke Papua Resmi Tersangka
Tangkapan layar video viral dua oknum TNI AU melakukan kekerasan kepada warga di Merauke, Papua.

JAKARTA, iNews.id - Dua oknum anggota TNI AU yang menginjak kepala warga Merauke, Papua, dan melakukan kekerasan kepada pemuda bernama Steven itu, resmi ditetapkan tersangka. Keduanya, Serda A dan Prada V juga masih menjalani penahanan sementara.

Kadispenau, Marsma TNI Indan Gilang Buldansya mengatakan, saat ini proses hukum terhadap kedua oknum anggota TNI AU itu telah memasuki tahap penyidikan. Penyidikan dilakukan oleh Satpom Lanud Johannes Abraham Dimara (Dma).

"Serda A dan Prada V telah ditetapkan sebagai tersangka tindak kekerasan oleh penyidik. Saat ini kedua tersangka menjalani penahanan sementara selama 20 hari untuk kepentingan proses penyidikan selanjutnya," ujar Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah di Jakarta, Rabu (28/7/2021).

Kadispenau tidak menyebutkan sanksi hukuman yang dapat dijatuhkan kepada kedua tersangka. Dia berharap semua pihak menunggu proses hukum yang sedang berjalan, sesuai aturan hukum yang berlaku di lingkungan TNI.

"Saat ini masih proses penyidikan terhadap kedua tersangka. Tim penyidik akan menyelesaikan BAP (berita acara pemeriksaan) dan nantinya akan dilimpahkan ke Oditur Militer untuk proses hukum selanjutnya," kata Marsma Indan.

Diektahui, proses hukum yang sedang dijalani oleh kedua oknum prajurit tersebut, terkait dengan kejadian di kota Merauke. Keduanya melakukan tindakan berlebihan saat mengamankan seorang warga yang terlibat cekcok dengan penjual bubur ayam di jalan raya Mandala-Muli, Merauke pada Senin lalu (26/7/2021). 

Dalam video viral terlihat oknum TNI mendorong pemuda bernama Steven ke trotoar. Dia menekan punggung pemuda itu dengan lututnya agar tidak bisa bangkit berdiri. Sementara seorang lagi menginjak kepala pemuda yang kesulitan berbicara itu, juga menginjak tangannya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: