Panglima Marah Oknum TNI Injak Kepala Warga Merauke: Copot Danlanud dan Dansat Pomau Malam Ini!

Faieq Hidayat · Rabu, 28 Juli 2021 - 17:36:00 WIT
Panglima Marah Oknum TNI Injak Kepala Warga Merauke: Copot Danlanud dan Dansat Pomau Malam Ini!
Tangkapan layar video viral oknum prajurit TNI AU menginjak kepala warga Merauke.

JAKARTA, iNews.id - Aksi dua oknum anggota TNI Angkatan Udara (AU) di Merauke, Provinsi Papua, yang menginjak kepala warga setempat membuat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto marah. Panglima pun memerintahkan KSAU untuk mencopot Komandan Lanud Merauke Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto dan Komandan Sat POM AU. 

Bahkan, Panglima TNI meminta agar Rabu (28/7/2021) malam ini juga, pencopotan itu dieksekusi. Selanjutnya, segera dilakukan serah terima jabatan pada dua pejabat baru pengganti.

"Saya minta malam ini langsung serah terimakan (jabatan). Saya minta malam ini sudah ada keputusan itu," kata Panglima TNI.

Panglima TNI menegaskan, dia menilai insiden kekerasan itu terjadi karena keduanya tidak bisa membina anggotanya. Dua oknum anggota Pomau Lanud Merauke, Serda D dan Prada V, tidak peka memperlakukan warga, khususnya yang menyandang disabilitas. Diketahui, pemuda yang diinjak dan didorong ke trotoar oleh dua oknum TNI AU tersebut terlihat kesulitan berbicara atau tunawicara.

"Mereka tidak bisa membina anggotanya. Kenapa tidak peka memperlakukan disabilitas seperti itu. Itu yang membuat saya marah," katanya.

Diketahui, TNI AU telah menahan dua oknum anggota Pomau Lanud Merauke, Papua, yang melakukan kekerasan dan menginjak kepala seorang pemuda, warga setempat. Serda D dan Prada V kini menanti hukuman atas aksi mereka setelah proses penyidikan.

Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang B mengatakan, dua oknum anggota Pomau itu dalam penanganan petugas Lanud Merauke. Keduanya dalam pengawasan Komandan Lanud Merauke.    

"Proses penyidikan sedang dilakukan oleh Pomau Lanud Merauke. TNI AU tidak segan-segan menghukum sesuai tingkat kesalahannya," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang B dalam siaran persnya, Selasa (27/7/2021).

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2