Sering Bantu Orang Tua Jadi Latihan Dasar Samuel Mendaftar Taruna TNI AD

Antara ยท Jumat, 27 November 2020 - 12:45:00 WIT
Sering Bantu Orang Tua Jadi Latihan Dasar Samuel Mendaftar Taruna TNI AD
Taruna asal Papua, Samuel Wamu, menceritakan kisah unik saat mendaftar akmil. (Foto: Antara).

WAMENA, iNews.id - Seorang taruna asal Papua, Samuel Wamu, berhasil lolos dalam seleksi taruna Akademi Militer (Akmil) TNI AD. Tidak ada latihan khusus untuknya, karena sering membantu orang tua mencari kayu bakar.

Samuel mengatakan, sejak kecil sudah terbiasa membantu orang tuanya mencari kayu bakar dengan mendaki pegunungan Wamena.

"Saya juga gemar sprint atau lari jarak pendek. Biasanya latihan itu dilakukan Samuel setiap berangkat dan sepulang sekolah," kata Samuel di Kabupaten Jayawijaya, Papua, Kamis (26/11/2020).

Selain itu di sekolah dia suka sekali latihan fisik seperti push-up dan sit-up. Hanya satu yang tidak pernah dia lakukan, yakni restock atau bergelantungan pada tiang dan menarik badan. Karena tidak ada fasilitas itu di kampungnya.

Dengan terbiasa mendapat tempaan fisik sejak kecil itu, Samuel mengaku tak kesulitan saat mengikuti tes kesamaptaan Akmil TNI AD>

"Waktu tes, ada memanjat, lompat, itu saya rasa macam tidak terlalu berat," ujarnya.

Kemudian pada seleksi panitia penentu akhir (Pantukhir) yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, Samuel mulai merasakan ketegangan.

"Waktu itu, pas sidang pantukhir itu, saya panik. Di situ saya hanya berdoa saja, semoga saya bisa lulus. Saya berdoa dan berdoa terus," kata Samuel.

Hingga kemudian diumumkan hasil keputusan sidang tersebut, namanya masuk dalam 425 orang calon taruna akmil yang lulus. Dia pun bersyukur bisa lolos seleksi.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal