Setelah 17 Tahun, Kabupaten Puncak Papua Akhirnya Punya Kantor Polres

Nathan Making ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 11:15 WIB
Setelah 17 Tahun, Kabupaten Puncak Papua Akhirnya Punya Kantor Polres
Peremian Kantor Polres Puncak. (Foto: iNews/Nathan Making).

PUNCAK, iNews.id - Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, meresmikan kantor polres di Kabupaten Puncak pada Selasa (21/7/2020) kemarin. Keberadaan kantor kepolisian itu sangat dinantikan, karena selama 17 tahun tidak markas terpusat untuk jajaran anggota yang bertugas di sana.

Bupati Puncak, Willem Wandik mengatakan, keberadaan kantor polres ini sangat dibutuhkan. Selain menunjang kinerja kepolisian, tentunya untuk koordinasi forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda).

"Setelah 17 tahun, akhirnya kita punya kantor polres sendiri. Ini merupakan proses yang panjang sampai akhirnya diresmikan," kata Bupati Willem di Kabupaten Puncak, Papua, Selasa.

Menurut dia, pemerintah mendukung kinerja kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) di daerah tersebut. Keperluan selanjutnya, kata dia, menyiapkan SDM yang berkantor di Mapolres Puncak.

Sebab banyak masalah yang terjadi di Kabupaten Puncak, antara lain pertikaian warga, perang saudara dan tindakan kriminal lainnya. Willem mengatakan, perlu tenaga ekstra untuk upaya penegakkan hukum.

Kapolda Irjen Pol Paulus meminta jajarannya yang akan berkantor di Kabupaten Puncak harus siap menjadi tumpuan warga dalam menyelesaikan berbagai persoalan, termasuk kasus hukum.

"Tempat ini harus nyaman dan bersahabat," ujar dia.

Dia juga meminta anggotannya dapat menjaga lingkungan kantor agar suasana bekerja tetap kondusif. Personel polisi juga harus mengedukasi warga mengenai masalah hukum pidana, adat dan agama.

Berbagai wawasan tersebut diperlukan untuk menyelesaikan masalah-masalah di Kabupaten Puncak yang kerap terjadi, seperti perang saudara dan pertikaian antarwarga di sana.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal