Soal Kapan 3 DOB Papua Diresmikan, Ini Kata Mendagri Tito Karnavian

Antara ยท Selasa, 25 Oktober 2022 - 17:25:00 WIT
Soal Kapan 3 DOB Papua Diresmikan, Ini Kata Mendagri Tito Karnavian
Mendagri Tito Karnavian memberi keterangan kepada awak media soal peresmian 3 DOB Papua di Tanjung Selor, Selasa. (ANTARA/Ayu Prameswari)

TANJUNG SELOR, iNews.id - Tiga daerah otonomi baru (DOB) di Papua, yakni Provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan dan Provinsi Papua Tengah akan diresmikan akhir Oktober 2022. Kepastian ini disampaikan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Kemungkinan akhir Oktober atau awal November akan kami bentuk. Undang-Undangnya sudah ada secara de jure. Secara de facto belum operasional. Yang paling muda yang sudah operasional itu Kalimantan Utara," ujar Tito di Tanjung Selor, Selasa (25/10/2022).

Kehadiran Tito di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan sebagai inspektur upacara HUT ke-10 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Tito menyebut, pemekaran tiga DOB di Papua merupakan hal prioritas, tanpa melihat sebelah mata usulan DOB dari daerah lain di Tanah Air.

"Untuk Papua, di sana kita kan tahu instabilitas keamanan dan ketertinggalan pembangunan. Ketersebaran luas wilayah di sana sangat tinggi sehingga problem kesejahteraan masyarakat Papua menjadi sangat utama. Oleh karena itulah pemekaran dipercepat di sana," katanya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: