Sosialisasi Otsus, Pemkot Jayapura Gandeng Tokoh-Tokoh Lokal

Antara · Rabu, 21 Juli 2021 - 15:10:00 WIT
Sosialisasi Otsus, Pemkot Jayapura Gandeng Tokoh-Tokoh Lokal
Forum masyarakat adat Papua membahas keberlanjutan otsus 2021. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura akan menggandeng sejumlah tokoh-tokoh lokal untuk sosialisasi Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) Papua. Penekanannya soal manfaat soal aturan baru tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey mengatakan, mereka yang dilibatkan di antaranya tokoh agama, adat dan pemuda. Para tokoh ini akan memberikan pemahaman terkait perubahan UU Otsus.

"Karena undang-undang itu ditetapkan untuk dilaksanakan bersama-sama oleh pemerintah daerah dan juga oleh masyarakat sendiri," kata Sekda Frans di Kota Jayapura, Papua, Rabu (21/7/2021).

Sosialisasi merupakan langkah awal yang akan dilakukan oleh Pemkot Jayapura kepada masyarakat sebagai tindak lanjut dari perubahan kedua UU Otsus Papua.

Frans mengatakan, memang terdapat perdebatan di kalangan masyarakat mengenai UU Otsus Papua bahkan sebelum proses revisi dilakukan. Hal inilah yang menjadi alasan perlunya sosialisasi ke masyarakat.

Oleh karenanya, Frans menambahkan bahwa sebelum melakukan sosialisasi, agenda terpenting Pemkot Jayapura adalah melakukan pendekatan dengan tokoh-tokoh masyarakat.

"Sebuah hal yang positif dan baik untuk kepentingan rakyat sendiri ya harus kita perjuangkan," kata Frans.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal