Suster Meilani, Nakes yang Gugur dalam Serangan KKB Papua di Pegunungan Bintang

Edy Siswanto ยท Kamis, 16 September 2021 - 21:31:00 WIT
Suster Meilani, Nakes yang Gugur dalam Serangan KKB Papua di Pegunungan Bintang
Petugas menemukan nakes yang hilang saat serangan KKB di Kiwirok, Pegunungan Bintang dalam kondisi meninggal di jurang. (Foto: iNews/Edy Siswanto)

JAYAPURA, iNews.id - Serangan brutal kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua menelan satu korban jiwa. Seorang tenaga kesehatan yang dicari dalam beberapa hari terakhir ditemukan tewas dalam jurang di hutan.

Selain itu satu nakes masih dalam pencarian dan empat lainnya luka-luka akibat dianiaya KKB.

Informasi diperoleh iNews, identitas nakes yang gugur bernama Suster Gabreilla Meilani. Kejadian ini mengundang rasa kesedihan, sebab pahlawan kesehatan yang melayani  masyarakat pelosok Papua malah menjadi sasaran penyerangan.

Kecaman dan pesan pilu disampaiakan mantan Kadis Kesehatan Pegunungan Bintang, sekaligus Inisiator Satgas Perubahan Kabupaten Pegunungan Bintang Yermias Tapyor.

Dia jugalah yang merekrut almarhum Suster Gebriella Meilani sebagai tenaga medis dan melayani di Distrik Kiwirok.

"Tidak disangka peristiwa itu terjadi saat engkau yang berjuang menyelamatkan orang Papua di Pegunungan Bintang dari kepunahan justru menjadi korban di tempat tugas," ujar Yermias, Kamis (16/9/2021).

"Saya sebagai mantan pimpinan sekaligus menjadi orang tua engkau dan kawan-kawanmu di Pegubin merasa hati ini hancur tercabik-cabik melihat berita duka yg sedang tersebar di media," katanya.

"Saya membekali kalian dengan Pelayanan kasih bukan dengan senjata yang mematikan. Sungguh memiluhkan hati.  Saya berani menempatkan kalian melayani di pelosok negeriku karena saya merasa masyarakat di negeriku cinta damai," tulisnya lagi.

"Saya menempatkan kalian dengan tujuan yang mulia, yaitu untuk memperpendek rentang kendali jangkauan Yankes (Pelayanan Kesehatan) di daerah terjauh, terisolasi dan perbatasan yang selama sekian tahun tidak menerima sentuhan pelanan kesehatan optimal dan kalian sudah membuktikannya," ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: