Tangani Covid-19, Begini Perjuangan Tim Medis Masuk Kampung Pegunungan Bintang

Antara ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 13:10 WIT
Tangani Covid-19, Begini Perjuangan Tim Medis Masuk Kampung Pegunungan Bintang
Warga di Kampung Kawe Pegunungan Bintang menjalani rapid test Covid-19. (Foto: Antara).

OKSIBIL, iNews.id - Wabah virus corona sudah mulai masuk ke wilayah pedalaman Papua. Tim medis dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Papua mendatangi Kampung Kawe di Kabupaten Pegunungan Bintang untuk mewaspadai penyebaran kasus di sana.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Pegunungan Bintang, Natalis Sipyan mengatakan, sudah melakukan rapid test kepada 290 warga kampung tersebut.

"Saat ini kami berupaya membatasi pergerakan orang yang ke luar dari Kampung Kawe untuk mencegah penularan Covid-19," kata Natalis di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (2/7/2020).

Setiap warga yang keluar dari Kampung Kawe, kata dia, harus mengikuti rapid test. Sebaliknya, warga yang masuk ke Kampung Kawe juga harus menjalani pemeriksaan ketat, termasuk surat keterangan bebas Covid-19.

"Kami ke luar dari Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang itu pada 19 Mei 2020 yang harus melintasi Kabupaten Boven Digoel lalu menunggu helikopter selama tiga hari," ujarnya.

Pada 22 Mei 2020, tim yang dipimpinnya berangkat menggunakan helikopter tiba di Kampung Kawe, Distrik Kawinggon, Kabupaten Pegunungan Bintang. Lalu mereka melakukan rapid test di sana selama satu bulan.

"Dari 290 warga yang mengikuti tes cepat, enam orang di antaranya reaktif. Enam orang itu sudah dievakuasi ke Merauke dan Boven Digoel untuk melakukan pemeriksaan tes swab," katanya.

Selain tes cepat Covid-19, kata dia, tim juga melakukan sosialisasi pencegahan dan penanganan corona. Selain itu mereka mengevakuasi enam orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di kampung tersebut.

"Kami langsung mengevakuasi enam orang yang positif dari sana," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal