Tangki Penampungan BBM Bocor, Drainase Warga di Sorong Dibanjiri Minyak

Chanry Andrew Suripatty ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 10:40 WIB
Tangki Penampungan BBM Bocor, Drainase Warga di Sorong Dibanjiri Minyak
Kebocoran tangki BBM Pertamina di Sorong. (Foto: iNews/Andrew Chanry).

SORONG, iNews.id - Tangki penampungan bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina di Kota Sorong, Papua Barat, diduga mengalami kebocoran. Kondisi ini membuat drainase di permukiman warga dibanjiri tumpahan minyak.

Pantauan iNews, tumpahan minyak ini berasal dari depo kawasan Jalan Cakalan, Kota Sorong. Kondisi ini terjadi sejak beberapa hari lalu, dan dikhawatirkan merusak lingkungan sekitar.

"Kami terganggu, karena minyak ini sudah masuk ke selekon," kata seorang warga, Spenyer Mara, di sekitar Jalan Cakalan, Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (16/6/2020).

Dia mengatakan, sejumlah petugas dari PT Pertamina sudah datang dan membersihkan drainase warga yang dipenuhi minyak. Warga berharap, tidak ada lagi kondisi minyak tumpah seperti ini sampai membanjiri selokan permukiman mereka.

Unit Manager Communication, Relations dan CSR MOR VIII PT Pertamina, Edi Mangun mengatakan, tangki 7 fuel di Terminal Sorong memang sempat mengalami kerusakan pada bagian drying bed.

"Minyak jadi keluar dan mengalir hingga ke drainase. Karena itu tim langsung bergerak melakukan penanganan di wilayah terdampak," kata Edi.

Menurut dia, tindakan yang diambil oleh tim yaitu langsung melokalisasi area terdampak dan memompa kembali minyak slude dengan mobil tangki. Lalu dilakukan penyemprotan dispersant atau pengurai minyak di drainase tersebut.

PT Pertamina, kata dia, akan terus mengontrol kondisi tangki supaya tidak terjadi kerusakan yang dapat merugikan warga. Dia bersyukur dampak BBM bocor di drainase warga ini tidak sampai menyebabkan korban jiwa atau insiden lainnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal