TNI-Polri Amankan Lapangan Terbang Beoga yang Sempat Dikuasai KKB, 6 Warga Dievakuasi

Chanry Andrew Suripatty ยท Kamis, 15 April 2021 - 14:40:00 WIT
TNI-Polri Amankan Lapangan Terbang Beoga yang Sempat Dikuasai KKB, 6 Warga Dievakuasi
Satgas Nemangkawi mengamankan lapangan terbang Beoga. (Foto: iNews/Andrew Chanry)

ILAGA, iNews.id - Personel dari Satgas Nemangkawi tiba di lapangan terbang di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Kedatangan tim tersebut setelah Brimob Polda Papua dan Raider 715 memukul mundur kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Komplotan di bawah komando Legakak Telenggen sebelumnya menguasai bandara perintis tersebut usai melakukan serangkaian aksi keji terhadap warga dan membakar sekolah.

Pasukan dari Satgas Nemangkawi, bersama personel TNI-Porli, kini mengamankan daerah tersebut. Mereka juga mengevakuasi sejumlah warga yang sempat berlindung di markas Koramil Beoga untuk mengamankan diri.

Kapolsek Beoga, Ipda Ali Akbar mengatakan, proses evakuasi baru bisa dilakukan terhadap enam orang karena, kapasitas pesawat.

"Proses evakuasi terhadap pengungsi ini dilakukan sekitar pukul 15.10 WIT, jumlah yang dievakuasi hanya bisa enam orang sesuai jumlah tempat duduk pesawat," kata Ipda Ali Akbar saat dikonfirmasi, Rabu (14/4/2021).

Enam orang warga yang dievakuasi adalah warga dari luar Beoga, mereka di antaranya, Ambros dan Jeti keduanya merupakan guru. Kemudian Agustina dan Elin, perawat. Piter Matang wakil kepala sekolah dan pelajar Gerni.

Kemudian ada dua bayi yang dievakuasi juga merupakan anak dari Agustina dan Elin. Mereka sebelumnya mengamankan diri di markas Koramil Beoga.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal