Usai Kasus Deportasi dari Papua Nugini, Gubernur Lukas Enembe Didatangi Mendagri

Antara ยท Senin, 05 April 2021 - 15:55:00 WIT
Usai Kasus Deportasi dari Papua Nugini, Gubernur Lukas Enembe Didatangi Mendagri
Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Negara Jayapura. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendatangi Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Negara Jayapura. Keduanya membahas pelaksanaan PON 2021 dan situasi terkini keamanan di daerah tersebut.

Kedatangan Tito Karnavian bertepatan setelah kasus Gubernur Lukas Enembe dideportasi dari Papua Nugini pada Jumat (2/4/2021). Perkara ini sempat ramai menjadi perbincangan publik. Sebab kepala daerah ini masuk ke negara tetangga lewat jalur tikus.

"Terkait dengan kejadian sebelumnya, saya sudah sampaikan kepada Mendagri secara virtual ketika di Vanimo," kata Lukas di Kota Jayapura, Papua, Senin (5/4/2021).

Lukas menyatakan hanya menjalani pengobatan tradisional saja di Vanimo karena kondisi kesehatan yang tidak baik. Dia pun memastikan punya hak untuk keperluan tersebut.

"Saya hanya berobat dan punya hak untuk ke sana dan kemari," ujarnya.

Sementara Tito mengatakan, alasan Gubernur Papua Lukas Enembe tak bisa dibenarkan karena masuk ke wilayah Papua Nugini secara ilegal. Sebab ada prosedur yang dilanggar oleh kepala daerah tersebut.

"Kemendagri tidak pernah melarang kepala daerahnya untuk berobat termasuk bila tujuannya berobat ke luar negeri, namun harus sesuai prosedur yakni meminta izin ke Kemendagri," ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Papua Lukas Enembe masuk ke wilayah Papua Nugini melalui jalan setapak dengan menggunakan ojek ke Wutung, kampung yang berbatasan dengan Skouw, Jayapura untuk kepentingan terapi pengobatan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal