Vaksinasi Covid di Mimika Dimulai Jumat Besok, Wabup Siap Jadi Peserta Pertama

Antara · Kamis, 21 Januari 2021 - 15:05:00 WIT
Vaksinasi Covid di Mimika Dimulai Jumat Besok, Wabup Siap Jadi Peserta Pertama
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob menjelaskan rencana pemerintah kabupaten menerapkan PSBB untuk mengendalikan penularan virus corona. (Foto: Antara)

MIMIKA, iNews.id - Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, akan menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19. Namun rencana tersebut tetap menyesuaikan hasil screening tim medis sebelum penyuntikan.

"Ada 14 pejabat publik yang terdata. Soal jadi atau tidaknya, semua tergantung hasil pemeriksaan kesehatan saat pelaksanaan vaksin," kata Wabup John di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (21/1/2021).

Menurut dia, tidak semua orang yang terdata sebagai penerima vaksin Covid-19 bisa mendapatkan suntikan tersebut. Seperti orang yang memiliki penyakit penyerta dan hipertensi, termasuk mereka yang pernah terpapar corona.

Vaksinasi ini rencananya berlangsung di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Mimika pada Jumat (22/1/2021) besok. Bupati Mimika Eltinus Omaleng tak memenuhi syarat sebagai penerima vaksin karena pernah terkonfirmasi positif Covid.

"Karena saya sudah pernah terpapar Covid-19, maka tidak bisa divaksin. Nanti yang pertama terima suntikan vaksin bisa Wakil Bupati dan Ketua DPRD," ujarnya.

Rencananya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 perdana di Mimika pada Jumat (22/1) disaksikan oleh Pelaksana Tugas Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal