JAYAPURA, iNews.id - PT Telkom Papua menyiapkan kompensasi bagi pelanggan yang terdampak gangguan jaringan internet akibat putusnya kabel optik bawah laut di perairan Sarmi-Biak. Keringanan tersebut berupa potongan pembayaran tagihan.
Kepala PT Telkom Papua, Sugeng Widodo, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan layanan komunikasi ini. Pihaknya akan memberikan kompensasi kepada pelanggan.
"Kami akan hitung tagihannya dan berikan kompensasi," kata Sugeng di Kota Jayapura, Papua, Rabu (5/5/2021).
Sebelumnya PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melakukan tiga langkah untuk memulihkan jaringan komunikasi dan internet di Papua menyusul terputusnya jaringan kabel laut Sulawesi-Maluku-Papua (SMPCS) ruas Biak-Jayapura.
Ketiga langkah tersebut, adalah menyediakan bandwidth melalui jaringan Palapa Ring Timur hingga 500 Mbps, tiga VSAT satelit dengan bandwidth hingga 469 Mbps, penambahan link satelit sebanyak 4x155 Mbps, serta penataan prioritas lalu lintas trafik komunikasi.
Upaya lainnya adalah penambahan satu Gbps melalui link radio IP dan penambahan dari Palapa Ring Timur.
Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relation Telkom Indonesia, Ahmad Reza mengatakan, saat ini layanan voice, SMS, sudah pulih, sedangkan untuk data pihaknya berharap berangsur dengan mengutamakan prioritas penggunaan.
Editor : Andi Mohammad Ikhbal
Artikel Terkait