3 Orang Positif Corona, Salat Id di Teluk Wondama Dibatalkan

Antara ยท Minggu, 24 Mei 2020 - 07:55:00 WIT
3 Orang Positif Corona, Salat Id di Teluk Wondama Dibatalkan
Pelaksanaan Salat Id di lapangan. (Foto: Antara).

MANGGURAI, iNews.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Teluk Wondama memutuskan untuk meniadakan pelaksanaan Salat Idul Fitri pada Minggu (24/5/2020). Pembatalan ini menyusul adanya temuan tiga kasus positif virus corona di daerah tersebut pada Sabtu (23/5/2020).

Ketua MUI Teluk Wondama, H Abudin Ohoimas mengatakan, umat Muslim ditekankan melaksanakan Salat Id di rumah masing-masing. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona yang baru terdeteksi hari ini (Sabtu).

"Kami sudah putuskan untuk Salat Idul Fitri di masjid dan mushola dibatalkan, diganti salat di rumah masing-masing," kata Abudin di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Sabtu.

Meski batal merayakan ibadah salat berjamaah di masjid dan mushala, MUI berharap seluruh umat Muslim di Kabupaten Teluk Wondama bisa menerima dan memahami keputusan tersebut untuk kepentingan banyak orang.

"Kami harap hal ini bisa disikapi dengan positif, kita terima dengan ikhlas bahwa ini (Covid-19) adalah pemberian Allah sebagai teguran kepada kita," ujar dia.

Sementara Bupati Teluk Wondama, Bernadus Imburi, menyambut baik dan mengapresiasi keputusan MUI meniadakan Salat Id berjemaah. Pertimbangan ini diperlukan mengingat daerahnya sudah tidak lagi dinyatakan bebas Covid-19.

"Kami menyambut itu dengan baik, bersyukur kepada Tuhan pihak MUI Teluk Wondama berpikir tentang keamanan dan keselamatan kita semua sehingga menggambil langkah yang tepat," ujar Imburi.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal