3 Pasien Positif di Teluk Wondama Berasal dari Klaster Gowa

Antara ยท Minggu, 24 Mei 2020 - 08:45:00 WIT
3 Pasien Positif di Teluk Wondama Berasal dari Klaster Gowa
Sejumlah penumpang peserta Ijtima Dunia 2020 yang akan dipulangkan menunggu keberangkatan di Pelabuhan Makassar. (Foto: Antara).

TELUK WONDAMA, iNews.id - Tiga pasien terkonfirmasi positif virus corona di Kabupaten Teluk Wondama, Papua, berasal dari klaster Ijtima Dunia 2020 Kabupaten Gowa. Saat ini mereka menjalani karantina di rumah sakit.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Teluk Wondama, dr Yoce Kurniawan mengatakan, sebetulnya kondisi kesehatan mereka masih memungkinkan menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Mereka masuk kasus positif tanpa gejala. Secara prosedur mereka bisa dirawat di rumah, tetapi karena ruang isolasi di rumah sakit masih kosong jadi kita manfaatkan saja," kata Yoce di Kabupaten Teluk Wondama, Papua, Sabtu (23/5/2020).

Tiga pasien tersebut akan dirawat hingga dinyatakan sembuh. Selama dalam penanganan medis, petugas akan melakukan follow up pemeriksaan swab. Jika dua kali berturut-turut menunjukkan hasil negatif, pasien dinyatakan sembuh.

Ketiga pasien ini, dia menyebutkan, merupakan peserta Ijtima Dunia 2020 yang berlangsung di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Masing-masing berinsial Z (43), B (26) dan M (26), semua berjenis kelamin laki-laki.

Sebelumnya Bupati Teluk Wondama, Bernadus Imburi mengatakan, tiga warga ini dinyatakan positif terpapar Covid-19 menyusul keluarnya hasil pengujian terhadap sampel swab yang diambil pada 17 Mei lalu.

"Situasi terakhir menunjukkan bahwa di Kabupaten Teluk Wondama, kita tidak inginkan tapi data menunjukkan bahwa yang berstatus positif ada tiga orang," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal