4 Jenderal Kopassus yang Melesat Jadi Menteri Pertahanan, Nomor 3 Namanya Melegenda

Sindonews, Lutfan Faizi · Senin, 14 November 2022 - 21:01:00 WIT
4 Jenderal Kopassus yang Melesat Jadi Menteri Pertahanan, Nomor 3 Namanya Melegenda
Prabowo Subianto yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan saat memakan Baret Merah Kopassus. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Deretan jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang melesat hingga menjadi Menteri Pertahanan. Sejak berdiri hingga saat ini, tercatat ada empat jenderal Korps Baret Merah yang menjadi Menteri Pertahanan saat masa purna tugas.

Keempatnya merupakan tokoh militer yang dipercaya mengemban amanah di pemerintahan.

Inilah daftar 4 jenderal Kopassus yang menjadi Menteri Pertahanan :

1. Jenderal TNI (Purn) Edi Sudradjat

Edi Sudradjat merupakan seorang tokoh militer Indonesia. Dia menjadi satu-satunya jenderal yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI AD (KSAD), Panglima ABRI dan Menteri Pertahanan dan Keamanan Indonesia dalam waktu bersamaan di tahun 1993.

Beberapa misi yang pernah dia ikuti di antaranya Operasi Trikora Pembebasan Irian Barat, Operasi Penumpasan Pemberontakan RMS, OPM dan lainnya.

Selain Panglima TNI, alumni Akmil 1960 dari kesatuan infateri (Kopassus) ini juga pernah menjabat sebagai KSAD serta Menteri Pertahanan dan Keamanan periode 1993-1998 atau pada era pemerintahan Presiden Soeharto.

2. Jenderal TNI (Purn) Leonardus Benyamin Moerdani

LB Moerdani merupakan seorang perwira TNI yang pernah menempati berbagai jabatan strategis di Indonesia. Jenderal Kopassus ini pernah menjabat Panglima TNI periode 1983-1988 dan sempat didapat sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan Indonesia periode 1988 hingga 1993.

Benny Moerdani dikenal sebagai perwira TNI yang banyak berkecimpung di dunia intelijen sehingga sosoknya banyak dianggap misterius.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: