Amankan Ibadah Pekan Suci di Timika, Tim Jihandak Dilibatkan 

Antara · Selasa, 30 Maret 2021 - 22:01:00 WIT
Amankan Ibadah Pekan Suci di Timika, Tim Jihandak Dilibatkan 
Kabag Ops Polres Mimika AKP Roberth Hitipeuw. (Foto: Antara)

TIMIKA, iNews.id - Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Brimob Batalyon B Polda Papua akan dilibatkan dalam pengamanan ibadah Pekan Suci di Timika. Pengamanan itu itu mulai dari ibadah Kamis Putih, Jumat Agung, Malam Paskah, hingga Hari Raya Paskah dalam pekan ini.

Kabag Ops Polres Mimika AKP Roberth Hitipeuw mengatakan, pelibatan Tim Jihandak Brimob Batalyon B Polda Papua tersebut untuk menjamin kondisi keamanan di lingkungan gereja. Umat Kristiani yang mengikuti ibadah selama Pekan Suci diharapkan benar-benar merasa aman dan nyaman, tanpa ada gangguan.

"Kami minta bantuan rekan-rekan Brimob Batalyon B Polda Papua khususnya Tim Jihandak untuk membantu menetralisasi lingkungan di sekitar gereja. Kalau semua sudah dinetralisasi, anggota langsung kami tempatkan di sana sampai pelaksanaan ibadah selesai," kata AKP Roberth, Selasa (30/3/2021).

Roberth mengatakan, untuk mengamankan perayaan Pekan Suci di Timika, Polres Mimika juga akan mengerahkan 300 personel. Pengamanan ditambah 200 personel dari unsur TNI dan sekitar 500 personel gabungan Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Mimika, Dinas Perhubungan, FKUB, pemuda remaja masjid, pemuda Hindu dan Buddha serta unsur ormas terkait lainnya.

Menurut AKP Roberth, pengamanan tidak hanya difokuskan pada gereja-gereja besar yang menampung umat atau jemaat mencapai ribuan orang, tetapi juga gereja-gereja kecil.

Pihaknya akan menempatkan anggota termasuk Satpol PP selama kegiatan ibadah berlangsung. Sementara di gereja-gereja kecil nanti akan dibantu dengan tim patroli dan Pos Peduli Keamanan (Pos Peka).

"Semua akan kami amankan, tidak saja di gereja-gereja besar, tetapi juga di gereja-gereja kecil, jangan sampai ada yang kecolongan," ujarnya. 

Dia mengimbau warga agar selama perayaan Pekan Suci yang dimulai pada Kamis Putih, Jumat Agung, Malam Paskah hingga Hari Raya Paskah dalam pekan ini, tidak dilakukan kegiatan Jalan Salib dan Pawai Obor.

"Mengingat sampai saat ini kita masih dalam situasi pandemi Covid-19 maka diharapkan tidak dilakukan kegiatan Jalan Salib dan Pawai Obor," kata AKP Roberth.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2