Berbekal Nasi Bungkus, Pemuda Papua dari Keluarga Pas-pasan Lolos Seleksi TNI AD

Andi Mohammad Ikhbal ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 17:10 WIB
Berbekal Nasi Bungkus, Pemuda Papua dari Keluarga Pas-pasan Lolos Seleksi TNI AD
Yusuf Wonda saatmengikuti seleksi prajurit TNI AD. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Seorang pemuda asli Papua, Yusuf Wonda (20), akhirnya mampu mewujudkan mimpi menjadi prajurit TNI AD. Keterbatasan ekonomi tak membuat tekadnya pudar saat mengikuti seleksi calon tamtama.

Yusuf Wonda sempat viral di media sosial karena hanya berbekal nasi bungkus dari rumah untuk mengisi perut di sela-sela pendidikan Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karier (Secata PK) TNI AD Gelombang I TA. 2020 di Rindam XVII/Cenderawasih.

Dengan kelulusannya ini, Yusuf Wonda berhak mengikuti pendidikan Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA. 2020, di Rindam XVII/Cen yang akan dibuka tanggal 8 Juni 2020 mendatang.

"Iya, benar. Yusuf Wonda telah lulus pada sidang pemilihan Cata PK TNI AD, yang dipimpin oleh Kasdam XVII/Cen Brigjen TNI Irham Waroihan di Aula Serba Guna Rindam, Rabu (20/5/2020) lalu," kata Kapenrem 172/PWY Mayor Chk Eka Yudha K dalam keterangannya, Selasa (26/5/2020).

Sementara itu, Yusuf Wonda merasa bersyukur atas kelulusannya ini. Cita-cita dan tekadnya menjadi seorang prajurit TNI AD kini bisa terwujud. Dia pun berterima kasih kepada orang tua dan keluarga atas dukungannya selama ini.

Saat ditanya keinginannya setelah menjadi prajurit, anak ke-5 dari 11 bersaudara ini mengaku ingin menjadi seorang sniper atau penembak jitu TNI AD yang andal.

"Selain itu, saya juga ingin mewujudkan keinginan Bapak untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi," ujarnya.

Pemuda kelahiran Kampung Nawa Mulia Distrik Napsi, Kabupaten Jayapura ini, kemudian berbagi tips, sehingga berhasil lulus dalam seleksi calon prajurit TNI AD. Dia mengaku kerap latihan pisik pada pagi dan sore hari, serta belajar di malam harinya.

"Tidak lupa jaga kesehatan dan berdoa untuk diberikan jalan terbaik dari Tuhan Yang Maha Esa," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal