Enggan Tanggapi Tim Medis, Pasien Klaster Kantor di Mimika Anggap Covid-19 Konspirasi

Antara ยท Rabu, 09 September 2020 - 11:05:00 WIT
Enggan Tanggapi Tim Medis, Pasien Klaster Kantor di Mimika Anggap Covid-19 Konspirasi
Para petugas lapangan yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika mengikuti rapid test. (Foto: Antara)

TIMIKA, iNews.id - Para pasien yang terkonfirmasi positif dari klaster kantor BUMN di Kabupaten Mimika, Papua, enggan menanggapi upaya penanganan Covid-19 dari tim satgas. Mereka menganggap virus corona hanya konsporasi pemerintah.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Mimika, Reynold Ubra mengatakan, tim kesulitan saat melakukan tracing contact dan pelayanan terhadap pasien karena mereka tak mau menanggapi penjelasan timnya.

"Yang kami sayangkan, mereka menuduh seolah-olah kebijakan ini kami buat sesuka hati, ada konspirasi dan lain-lain," kata Reynold di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (8/9/2020).

Reynold juga menilai, ada sikap kurang kooperatif pimpinan salah satu BUMN tersebut saat petugas hendak menangani kasus Covid-19 di lingkungan perusahaannya. Karena itulah timnya juga tak bisa memberikan intervensi kepada para pasien ini.

"Jadi mereka isolasi mandiri. Padahal harusnya ada intervensi tim medis, sehingga ada rekomendasi terhadap para pasien, apakah isolasi mandiri, dirawat di rumah sakit atau karantina," ujarnya.

Sebelumnya dua BUMN yang beroperasi di wilayah Timika, Kabupaten Mimika, menjadi klaster baru penularan virus corona. Lebih dari 20 orang tepapar Covid-19 dari rekan kantornya yang lebih dulu terkonfirmasi positif.

Satgas Penanganan Covid-19 Mimika, Reynold Ubra mengatakan, para pekerja yang berasal dari dua BUMN ini menularkan Covid-19 ke keluarganya, sehingga mereka menjadi satu klaster tersendiri.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal