Evakuasi Pesawat Rimbun Air Akan Libatkan Warga Sipil karena Lokasi Dikuasai KKB

Omega Batkorumbawa ยท Rabu, 15 September 2021 - 12:05:00 WIT
Evakuasi Pesawat Rimbun Air Akan Libatkan Warga Sipil karena Lokasi Dikuasai KKB
Proses evakuasi Pesawat Rimbun Air Akan libatkan warga sipil. (Foto: iNews/Omega).

SUGAPA, iNews.id - Evakuasi Pesawat Rimbun Air akan melibatkan warga sipil, karena koordinat jatuhnya pesawat tersebut dikuasai KKB (kelompok kriminal bersenjata) Intan Jaya.

Wadanyon Yonif Mekanis 521/DY, Mayor Inf Edi Dipramono mengatakan, lokasi jatuhnya pesawat berada sekitar 3,4 kilometer dari Bandara Intan Jaya dan 2,2 meter dari Pos Bilogai Satgas Yonif 501.

"Tapi sesuai perintah Kapolres Intan Jaya yang bergerak ke TKP yakni masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan satgas internal. Karena KKB menguasai lokasi," kata Mayor Inf Edi di Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu (15/9/2021).

Dia mengatakan, koordinat jatuhnya pesawat sudah ditemukan oleh helikopter Carteran Satgas Elang. Berdasarkan pengamanat dari helikopter, kondisi pesawat terbakar dan sudah dalam keadaan hancur. Namun proses evakuasi harus berhati-hati.

Proses pencarian mengalami kendala karena bahan bakar helikopter yang terbatas. Kondisi ini membuat helikopter harus landing lebih dulu untuk mengisi bahan bakar.

Sebelumnya Pesawat Rimbun Air hilang kontak saat penerbangan Nabire-Sugapa. Kejadian tersebut dilaporkan pada Selasa hari ini pukul 07.37 WIT.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal