Ini Langkah Jenderal Andika Hadapi KKB Penyerang Koramil di Papua yang Gugurkan 1 Prajurit

Widya Michella Nur Syahid · Senin, 22 November 2021 - 18:43:00 WIT
Ini Langkah Jenderal Andika Hadapi KKB Penyerang Koramil di Papua yang Gugurkan 1 Prajurit
Presiden Jokowi resmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Rabu (17/11/2021). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNews.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyikapi serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Yahukimo, Papua, pada Sabtu (20/11/2021) pagi. Seorang prajurit dari Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil Persiapan Suru-Suru di Kabupaten Yahukimo, Papua, Sertu Ari Baskoro, gugur akibat serangan tersebut. 

Menurut Jenderal Andika Perkasa, serangan tersebut bukan sesuatu yang mengagetkannya. Dia juga akan menyiapkan langkah untuk menghadapi kelompok yang dipimpin Tendius Gwijangge itu.  

"Yang jelas kemarin itu juga bukan sesuatu yang saya kaget. Terus terang tidak. Karena kita juga sudah mengamati," kata Andika saat kunjungan ke Mabes TNI AL di Jalan Cilangkap Raya, Senin,(22/11/2021).

Sesuai janjinya saat fit and proper test sebelum menjadi Panglima TNI, Andika tidak akan menggunakan pendekatan peperangan dalam penanganan Papua. Dia menekankan stabilitas Papua menjadi sorotan utamanya. Karena itu, dia akan mencoba untuk menggunakan pendekatan yang berbeda kepada KKB di Papua.

"Kita harus melakukan satu pendekatan yang berbeda sehingga saya berharap juga akan lebih efektif," tuturnya.

Andika juga mengatakan, saat ini masih fokus pada orientasi untuk mengetahui lebih lanjut tugas dan fungsinya sebagai panglima TNI.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: