Kapolda Papua Sebut Nasib Nakes Gerald Sokoy Belum Diketahui

Chanry Andrew Suripatty, Antara ยท Jumat, 24 September 2021 - 17:13:00 WIT
Kapolda Papua Sebut Nasib Nakes Gerald Sokoy Belum Diketahui
Gerald Sokoy bersama Pasukan TPNPB-OPM Kodap Ngalum Kupel (Istimewa)

Hal senada juga dinyatakan Komandan Kodem 172/PWY, Brigadir Jenderal TNI Izak Pangemanan secara terpisah. Dia juga belum bisa memastikan keberadaan serta kondisi Sokoy.

"Bila benar dia berada bersama mereka setelah ditemukan saat menyelamatkan diri, maka kami akan menunggu pernyataan dari mereka yang akan menyerahkan ke pihak gereja," kata Pangemanan.

Sementara Juru Bicara OPM Sebby Sambom sebelumnya mengatakan, nasib Gerald Sokoy saat ini berada di tangan Brigadir Jenderal Lamek Taplo dan anak buahnya. Jenderal Lamek Taplo merupakan Pimpinan TPNPB OPM Kodap 15 Ngalum Kupel.

"Selama dalam tangan Brigjend Lamek Taplo dan anggotanya, manteri Gerald dalam keadaan sehat dan dia tidak disandera," kata Sebby melalui keterangan tertulisnya, Rabu (22/9/2021).

Sebby menambahkan, Gerald ditemukan oleh anggota TPNPB. Dia dilaporkan tersesat saat berusaha menyelamatkan diri dalam peristiwa berdarah Kiwirok. 

Menurut Sebby, sesuai laporan resmi dari Brigadir Jenderal Lamek Taplo, pihaknya akan menyerahkan Gerald Sokoy kepada pihak keluarga melalui pihak gereja dan Pemerintah Pegunungan Bintang.

"Sesuai laporan resmi Brigjen Lamek Taplo, mereka akan serahkan Gerald Sokoy melalui pihak gereja atau pemerintah daerah Kabupaten Pengunungan Bintang secara terhormat," kata dia.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: