Kasus Kematian Pasien Covid-19 di Papua Meningkat Jadi 20 Orang

Antara, Nani Suherni · Minggu, 05 Juli 2020 - 06:30 WIT
Kasus Kematian Pasien Covid-19 di Papua Meningkat Jadi 20 Orang
Virus corona. (Foto: AFP)

JAYAPURA, iNews.id - Jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal di Provinsi Papua, bertambah, Sabtu (4/7/2020). Data dari Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Papua menyebutkan, total kumulatif kasus kematian kini tercatat sebanyak 20 orang.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua dr Silwanus Sumule mengatakan, pasien positif Covid-19 yang meninggal umumnya memiliki penyakit penyerta. Ini termasuk dalam kasus kematian terbaru akibat terinfeksi virus corona, yang berasal dari Jayapura.

“Ada dua penambahan kasus kematian. Hasil pemeriksaan PCR, pasien yang positif Covid-19 juga menderita penyakit lainnya. Keduanya berasal dari Kota Jayapura,” kata Silwanus Sumule dalam keterangan persnya melalui live streaming dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua, Sabtu malam.

Sementara hingga saat ini, jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Papua sebanyak 1.937 orang atau bertambah 31 kasus. Sebanyak 991 orang di antaranya dirawat dan 926 orang sembuh.

Silwanus mengatakan, terus bertambahnya jumlah warga positif itu disebabkan sejumlah daerah di Papua aktif melakukan pemeriksaan tes cepat atau rapid test. Tes dilanjutkan denga PCR bagi warga yang hasilnya reaktif.

Data dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 di Papua, jumlah pasien positif corona tertinggi berasal dari Kota Jayapura dengan jumlah kasus sebanyak 1.088. Kemudian disusul dengan Kabupaten Mimika sebanyak 406 kasus dan Kabupaten Jayapura 199 orang. Saat ini, Covid-19 telah menyebar ke 17 dari 29 kabupaten/kota di Papua.

“Kami meminta warga untuk aktif menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, dengan menggunakan masker dan menjaga jarak,” kata Silwanus Sumule.

Data dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Papua ini berbeda dengan data yang dipublikasikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lewat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional. Data Laporan Media Harian Covid-19, Sabtu (4/7/2020) hingga pukul 12.00 WIB, kasus corona kembali bertambah 42 orang menjadi 1.984 orang.

Sementara jumlah pasien yang sembuh dan meninggal dunia tidak bertambah. Jumlahnya masing-masing sebanyak 880 orang dan yang meninggal sebanyak 16 orang.


Editor : Maria Christina