Kenapa Orang Papua Pakai Koteka? Ini Sejarah Unik, Fakta dan Maknanya

Donald Karouw ยท Rabu, 30 November 2022 - 16:02:00 WIT
Kenapa Orang Papua Pakai Koteka? Ini Sejarah Unik, Fakta dan Maknanya
Sejumlah pria di Papua saat memakai koteka. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

JAKARTA, iNews.id - Mengapa orang Papua memakai koteka? Yah, koteka merupakan kekayaan budaya dari Indonesia Timur dan salah satu dari pakaian adat Papua.

Koteka biasanya digunakan para laki-laki dengan cara diikat melingkar pada pinggang untuk melindungi bagian kemaluan. Koteka ini juga menjadi bagian dari identitas yang menandakan status sosial.

Masyarakat Papua telah memakai koteka sejak ratusan tahun lalu. Hal ini karena bahan bakunya sangat alami dan mudah ditemukan di alam untuk mereka buat dan kenakan.

Dahulu banyak orang Papua yang memakai koteka di tempat umum. Namun sejak 1964, penggunaan koteka dibatasi. Aturan melarang masyarakat menggunakan koteka di tempat umum demi keselamatan dan keamanan warga. Namun, penggunaan koteka masih banyak di wilayah pegunungan Papua, khususnya saat acara adat maupun kegiatan kebudayaan lainnya.

Koteka terbuat dari kulit labu air yang dibuang bijinya kemudian dikeringkan dan dijemur hingga kering. Penjemuran digunakan agar kulit bisa lebih awet dan tahan lama saat dirancang. Beberapa ada yang menggunakan ciri khas tertentu seperti bulu ayam ataupun bulu burung pada bagian bawahnya.

Saat sedang beraktivitas sehari-hari, koteka yang digunakan cenderung menggunakan koteka pendek, agar pengguna leluasa dalam melakukan pekerjaan. Sedangkan, untuk koteka panjang digunakan dalam acara formal seperti acara adat ataupun acara kebudayaan lainnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: