Legenda Kopassus Ini Pernah Todongkan Senjata ke Benny Moerdani, lalu Jadi Sahabat Seumur Hidup

Sucipto ยท Jumat, 02 Desember 2022 - 07:55:00 WIT
Legenda Kopassus Ini Pernah Todongkan Senjata ke Benny Moerdani, lalu Jadi Sahabat Seumur Hidup
Kedua legenda Kopassus Agus Hernoto dan Benny Moerdani yang menjadi sahabat seumur hidup. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Nama Agus Hernoto merupakan legenda bagi Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) yang sekarang bernama Kopassus. Pangkatnya Kolonel yang sangat disegani di Korps Baret Merah karena keberanian di medan pertempuran

Atas keberaniannya, Kolonel Inf Agus Hernoto mendapat medali penghargaan 'Bintang Sakti' pada tahun 1987. Penghargaan ini diberikan Presiden Soeharto kepada prajurit yang menunjukkan keberanian dan ketabahan tekad melampaui panggilan kewajiban dalam pelaksanaan tugas operasi militer.

Penghargaan ini sebelumnya juga pernah diterima Jenderal TNI (Purn) Leonardus Benyamin Moerdani atau Benny Moerdani. Namun Benny menerima medali Bintang Sakti tersebut dari Presiden Soekarno.

Kedua nama ini memang menjadi tokoh dan teladan bagi prajurit Korps Baret Merah. Tetapi siapa sangka, mereka ternyata pernah terlibat insiden.

Agus Hernoto pernah menodongkan senjata ke wajah Benny Moerdani. Beruntung, senjata yang dipegang tidak meletus sehingga nyawa Benny Moerdani selamat.

Kisah ini dikutip dari buku biografi berjudul 'Kolonel Inf Agus Hernoto : Legenda Pasukan Komando dari Kopassus Sampai Operasi Khusus'.

Dikisahkan, insiden tersebut berawal ketika sebagian besar prajurit Kopassus kecewa dengan kepemimpinan Mayor Djaelani, Komandan RPKAD ketika itu. Sang komandan disebutkan merencanakan penculikan KSAD Kolonel AH Nasution.

Rencana penculikan ini dirancang Panglima Tentara Teritorium I Kolonel Zulkifli Lubis yang ketika itu tidak puas dengan situasi nasional. Isu lalu berkembang menjadi soal kesejahteraan prajurit TNI yang tidak mendapat perhatian dari pemerintah.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: