Menangkan Hati Rakyat Papua, Jenderal Polisi Ini Raih Hoegeng Awards 2022

Donald Karouw · Sabtu, 02 Juli 2022 - 14:42:00 WIT
Menangkan Hati Rakyat Papua, Jenderal Polisi Ini Raih Hoegeng Awards 2022
Wakapolda Papua Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto yang pernah menjabat Kasatgas Binmas Noken sewaktu pangkat Kombes mendapat penghargaan Hoegeng Award 2022 karena mampu memenangkan hari rakyat Papua. (Foto : Humas Polda Papua)

JAKARTA, iNews.idWakapolda Papua Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto mendapat penghargaan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dia meraih Hoegeng Awards 2022 kategori polisi inovatif.

Semenjak bertugas sebagai Wakapolda Papua pada Februari 2021, jenderal polisi bintang satu ini sudah dekat dengan rakyat papua.

Sebab jabatan ini bukan pertama kalinya dia bertugas di Tanah Papua. Pada 2018 lalu sewaktu masih berpangkat Kombes, Brigjen Eko Rudi Sudarto pernah menjadi Kasatgas Binmas Noken Polri.

Binmas Noken Polri merupakan satuan tugas khusus yang dibentuk atas kebijakan Kapolri Jendral Tito Karnavian pada 2018. Konsep Binmas Noken yakni perpaduan fungsi operasional kepolisian dan konsep noken sebagai simbol martabat dan peradaban serta kehidupan orang Papua.

Satgas yang pernah dipimpin Brigjen Eko Rudi ini menjadi sebuah sumber inspirasi, menampung keluhan, menampung aspirasi, menampung segala macam saran pendapat dari rakyat Papua. Tujuannya untuk lebih banyak mendengar permintaan, keinginan dan harapan masyarakat Papua.

Karena itu dalam menjalankan misi atau operasi kepolisian, Binmas Noken bersifat kemanusiaan atau soft approach policing di wilayah Pegunungan Tengah Papua.

Hal ini yang membuat Brigjen Eko Rudi cukup mengenal wilayah Papua. Dia dekat dan berhasil memenangkan hari rakyat Papua dengan kegiatan kemanusiaan. Seperti membantu usaha ternak babi masyarakat Papua dan kegiatan sosial lainnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: