Mengaku Hampir Pingsan, Tokoh Masyarakat Baru Tahu APBD Mimika Mencapai Rp4,3 Triliun

Antara ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 10:10 WIB
Mengaku Hampir Pingsan, Tokoh Masyarakat Baru Tahu APBD Mimika Mencapai Rp4,3 Triliun
Pertemuan antara Mahfud MD dan tokoh di Mimika. (Foto: Antara).

TIMIKA, iNews.id - Tokoh masyarakat di Kabupaten Mimika, Papua, mengaku kaget saat tahu APBD untuk daerah tersebut mencapai Rp4,3 triliun. Nilai dana tersebut dinilai tidak sesuai dengan kondisi pembangunannya.

Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko), Georgorius Okoare mengatakan, penduduk di Kabupaten Mimika tidak lebih dari 300.000 jiwa. Harusnya ada kesejahteraan merata dengan APBD sebesar itu.

"Saya baru tahu bahwa APBD Mimika Rp4,3 triliun. Saya hampir mau pingsan. Uang ini ke mana?" tanya Georgorius saat hadir dalam pertemuan dengan Menko Polhukam Mahfud MD di Kabupaten Mimika, Rabu (22/7/2020) malam.

Dia pun menyoroti ketimpangan pembangunan di Kabupaten Mimika, terutama antara warga lokal dengan warga dari luar Papua. Padahal anggaran otonomi khusus (Otsus) yang disediakan pemerintah jumlahnya sangat besar.

"Pembangunan ini nol bulat. Tidak ada, semua harus tahu itu," ujarnya.

Dia menduga, anggaran sebanyak itu disalahgunakan oleh oknum pejabat di Papua, khususnya Kabupaten Mimika. Padahal mestinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di sana.

"Yang salah kita orang Papua sendiri. Pejabat Papua sendiri yang korupsi. KPK kenapa tidak tangkap orang-orang ini. Pembangunan tidak ada, nol," ujar dia.

Sebelumnya Menko Mahfud MD menggelar pertemuan dengan para tokoh masyarakat Mimika. Dalam kegiatan itu hadir juga Mendagri Tito Karnavian, Wakil Ketua DPD Nono Sampono, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, dan Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal