Pembina Asrama Sekolah Taruna Papua yang Diduga Lecehkan 25 Siswa Ditahan

Antara ยท Jumat, 12 Maret 2021 - 22:15:00 WIT
Pembina Asrama Sekolah Taruna Papua yang Diduga Lecehkan 25 Siswa Ditahan
Puluhan siswa-siswi Sekolah Taruna Papua di Mimika diduga menjadi korban pelecehan seksualk. (Foto: Antara)

TIMIKA, iNews.id – Polisi telah menahan Pembina asrama Sekolah Taruna Papua di Timika, Kabupaten Mimika berinisial DF (30) karena diduga melakukan kekerasan dan pelecehan seksual terhadap 25 siswa.

Kasus pelecehan seksual itu kini masih dikembangkan Polres Mimika untuk mengungkap motif pelaku.

Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto mengatakan, tindak kekerasan dan pelecehan yang dilakukan DF tidak saja menimpa siswa laki-laki, tapi juga dialami juga seorang siswi di sekolah itu.

Atas perbuatan bejatnya itu, DF kini terancam pidana penjara sebagaimana diatur dalam pasal 82 ayat (1) UU Nomor 17/2016.

“DF kini telah meringkuk dalam sel tahanan Polres Mimika setelah ditangkap di rumah keluarganya yang terletak di kawasan Jalan Budi Utomo Ujung, Kelurahan Kamoro Jaya SP1, Timika, Kamis (11/3/2021),” katanya, Jumat (12/3/2021).

Dia menyebutkan, jumlah sementara korban kekerasan dan pelecehan seksual sekitar 25 orang. Kasus kekerasan dan pelecehan seksual yang menimpa puluhan siswa Sekolah Taruna Papua itu terjadi sejak November 2020 hingga 9 Maret 2021. 

"Korban yang mengalami kekerasan sebanyak 12 orang, sedangkan korban yang mengalami pelecehan sebanyak 13 orang," kata Hermanto.

Dia menjelaskan, kasus itu baru terungkap setelah seorang siswa berusia 16 tahun berinisial ST melaporkan kepada pembina asrama dan kepala sekolah Taruna Papua.

"Kejadiannya pada Selasa (9/3/2021) sekira pukul 22.30 WIT berlokasi di Asrama Putra, Kamar Markus, Kompleks Sekolah Taruna Papua, Kelurahan Wonosari Jaya, Timika," ungkap Hermanto.

Dia menuturkan, kronologi kejadiannya, usai ibadah malam, korban berbaring di tempat tidur. Kemudian DF (30) selaku pembina asrama putra memanggil korban, kemudian memegang tangan korban dan mengajak ke bagian belakang yaitu ke kamar mandi pembina.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: