Pemkab Lelang Pembangunan Kantor Bupati Jayawijaya yang Terbakar saat 23 September

Antara ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 17:30:00 WIT
Pemkab Lelang Pembangunan Kantor Bupati Jayawijaya yang Terbakar saat 23 September
Insiden kerusuhan di Wamena. (Foto: Dok iNews).

WAMENA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melelang pembangunan kantor bupati yang sempat terbakar saat insiden kerusuhan 23 September 2019 lalu. Program ini juga menjadi prioritas selain penanganan wabah virus corona.

Lelang kantor bupati secara online melalui website lpse.Jayawijayakab.go.id. Pemerintah merencanakan pembangunan kantor dilakukan dengan dua tahun penganggaran.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richar Banua mengatakan, pembangunan kantor ini merupakan program prioritas selain penanganan pandemi Covid-19. Namun proses lelang ini tidak akan menganggu anggaran untuk penanggulangan wabah corona.

"Anggarannya tetap ada karena kantor itu adalah kebutuhan pelayanan masyarakat, sehingga sama sekali tidak terganggu dengan penanganan Covid-19 di Jayawijaya," kata Bupati Jhon di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Selasa (7/7/2020).

Menurut dia, pembangunan kantor murni dari APBD pemerintah daerah. Meski ada bantuan dari provinsi, namun anggaran tersebut masuk dalam dana otonomi khusus, sehingga tidak bisa dipakai.

Sedangkan dana dari pusat, kata dia, dipakai untuk membangunan infrastruktur umum dan fasilitas publik. Dia menekankan, pembangunan kantor bupati tetap dari APBD.

"Pemerintah pusat melalui APBN sudah melakukan banyak, misalnya pembangunan rumah, pembangunan ruko dan kampus yang berdampak kerusuhan tahun lalu, sekarang untuk kantor bupati kita upayakan bangun sendiri dengan APBD," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: