Penumpang Garuda yang Positif Covid-19 Dikarantina di Sorong, 9 Rekannya Diisolasi

Chanry Andrew Suripatty ยท Senin, 29 Juni 2020 - 14:31 WIB
Penumpang Garuda yang Positif Covid-19 Dikarantina di Sorong, 9 Rekannya Diisolasi
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong, Rudy Laku menjelaskan kondisi penumpang Garuda Indonesia yang positif Covid-19, Senin (29/6/2020). (Foto: iNews/Chanry Andrew Suripatty)

SORONG, iNews.id - Satu penumpang Garuda Indonesia dari Jakarta tujuan Sorong yang dilaporkan positif Covid-19 telah dikarantina di Balai Diklat Kampung Salak Kota Sorong. Sementara sembilan rekannya kini diisolasi mandiri di sebuah hotel yang digunakan pemerintah untuk menampung orang tanpa gejala (OTG).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong, Rudy Laku mengatakan, pasien positif Covid-19 yang terbang dengan Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 682, itu merupakan warga Kabupaten Sorong Selatan. Pasien berinisial WH (20), siswa program afirmasi pendidikan menengah (adem) itu diketahui positif saat pemeriksaan dokumen kesehatan setelah turun dari pesawat di Bandara Domine Eduard Osok Sorong, Sabtu (27/6/2020) pukul 06.20 WIT.

“Atas koordinasi bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Sorong Selatan, pasien positif Covid-19 ini dititipkan sementara waktu di Rumah Karantina Penyakit Menular Kota Sorong,” kata Rudy Laku di Sorong, Senin (29/6/2020).

Sementara sembilan orang penumpang yang merupakan teman dari pasien positif Covid-19 dan bersama-sama naik pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta menuju Sorong, juga telah dites swab. Saat ini, mereka tengah menunggu hasil pemeriksaan.

“Sementara sembilan orang rekannya yang bersama-sama menggunakan pesawat yang sama, tengah melakukan karantina pada tempat yang terpisah, di salah satu hotel,” kata Rudy.

Rencananya, mereka semua akan dipulangkan ke Sorong Selatan setelah hasil tes swabnya keluar. Gugus Tugas Percepatanan Penanganan Covid-19 Kota Sorong juga terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kota Sorong.

Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Sorong juga akan melakukan pencarian seluruh penumpang yang menggunakan pesawat sama dengan pasien positif covid-19 untuk dilakukan test cepat.

“Kami sedang berkoordinasi melihat kemungkinan-kemungkinan untuk pemeriksaan penumpang lain. Namun, kami fokus ke kelompok ini dulu,” ujar Rudy.

Diketahui, seorang pasien positif terinfeksi Covid-19 lolos naik pesawat Garuda Indonesia GA 682, tujuan Jakarta-Sorong, Papua Barat. Penumpang berinisial WH, siswa program Adem asal Sorong Selatan itu diketahui positif saat pemeriksaan dokumen kesehatan setelah turun dari pesawat di Bandara Domine Eduard Osok Sorong, Sabtu (27/6/2020) pukul 06.20 WIT.

Dari pemeriksaan petugas, dokumen itu dikeluarkan oleh Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, pada 21 Juni 2020, berdasarkan hasil pemeriksaan PCR.


Editor : Maria Christina