Perairan Teluk Wondama Papua Barat Simpan Potensi Budi Daya Rumput Laut

Antara ยท Minggu, 01 November 2020 - 16:34:00 WIT
Perairan Teluk Wondama Papua Barat Simpan Potensi Budi Daya Rumput Laut
Ilustrasi rumput laut. (Foto: Istimewa)

MANOKWARI, iNews.id - Balai Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Papua Barat berharap hasil penen rumput laut di Kabupaten Teluk Wondama meningkat 100 kali lipat. Pengoptimalan Perairan Teluk Wondama yang masih sangat luas memungkinkan target tersebut tercapai.

Kepala Balitbangda Papua Barat, Charlie Heatubun mengatakan, dari sisi iklim, Indonesia yang berada di wilayah khatulistiwa dan tropis, sangat diuntungkan. Dengan demikian, penanaman dan panen bisa dilakukan sepanjang tahun.

“Selasa lalu 20 ton hasil panen rumput laut petani asli Papua di Teluk Wondama dikirim ke Surabaya. Saat ini rumput laut baru dikembangkan di sejumlah kampung yang tersebar di tiga distrik/kecamatan yakni Roon, Roswar serta Rumberpon,” katanya, Minggu (1/11/2020).

Charlie berharap masyarakat pesisir di distrik lain juga mulai membudidayakan tanaman tersebut. Saat ini produksi rumput laut di daerah tersebut masih sangat kecil, sedangkan pasar sudah terbuka lebar.

"Kendala kita ada pada petani, belum banyak masyarakat di sana yang membudidayakan rumput laut. Mudah-mudahan setelah melihat hasilnya, yang lain tergiur dan mau memulai," katanya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2