Persempit Ruang Gerak KKB, TNI-Polri Patroli Masuk Hutan di Tembagapura

Antara · Senin, 01 Maret 2021 - 20:44:00 WIT
Persempit Ruang Gerak KKB, TNI-Polri Patroli Masuk Hutan di Tembagapura
Personel Satgas Yonif Raider 400/BR berpatroli di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua, Jumat (6/11/2020). (Foto: IST)

TIMIKA, iNews.id – Tim gabungan TNI-Polri yang bertugas mengamankan area PT Freeport Indonesia (PTFI) kini melakukan patroli masuk ke kawasan hutan. Upaya itu untuk mempersempit ruang gerak kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang masih meneror di kawasan Tembagapura.

Kapolres Mimika, AKBP IGG Era Adhinata mengatakan, setelah sejumlah faksi KKB meninggalkan Distrik Tembagapura pada 2020 lalu, masih terdapat satu kelompok KKB yang bercokol di wilayah sekitar Tembagapura, yaitu KKB pimpinan Joni Botak.

"Perlu diketahui bahwa setelah beberapa kelompok KKB meninggalkan Tembagapura, masih ada satu KKB yang ada di Tembagapura yaitu KKB pimpinan Joni Botak yang keberdaanya ada di hutan-hutan,” katanya, Senin (1/3/2021). 

Untuk mendesak ruang gerak KKB, kata dia, dilakukanlah patroli lebih masuk ke hutan untuk mempersempit ruang gerak KKB agar tidak lagi mengganggu keamanan baik masyarakat maupun operasional PTFI.

Diketahui, pada Minggu (28/2/2021) pagi sekitar pukul 10.30 WIT, aparat Satuan Tugas Pengamanan PTFI yang tengah melakukan patroli di hutan sekitar MIle 53 melihat enam anggota KKB menyeberangi sungai dengan membawa dua pucuk senjata api.

Tak lama kemudian terjadi kontak tembak antara aparat dengan KKB yang berlangsung sekitar 30 menit.

Kontak tembak berhenti lantaran KKB lari masuk ke dalam hutan belantara.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2