8 Taman Nasional Terluas di Indonesia, Nomor 5 Terbesar di Asia Tenggara

Fajar Hendra Jaya · Rabu, 03 Agustus 2022 - 18:13:00 WIT
8 Taman Nasional Terluas di Indonesia, Nomor 5 Terbesar di Asia Tenggara
Taman Nasional Lorentz yang merupakan taman nasional terluas di Indonesia bahkan Asia Tenggara. (Foto : Instagram @lorentznationalpark_official)

JAKARTA, iNews.id - Taman nasional terluas di Indonesia tentunya menjadi salah satu kebanggan bagi masyarakat. Ada banyak flora dan fauna di Indonesia yang perlu dilindungi keberadaannya sehingga keberadaan taman nasional sangat penting sebagai tempat pengembangbiakkan dan juga konservasi.

Taman nasional di Indonesia juga terkenal akan keasrian dan kelestariannya sehingga nyaman untuk dikunjungi. Ada beberapa taman nasional yang memiliki luas hingga jutaan hektare.

Berikut 8 Taman Nasional Terluas di Indonesia :

1. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih salah satu taman nasional terluas di Indonesia. (Foto : Instagram)
Taman Nasional Teluk Cenderawasih salah satu taman nasional terluas di Indonesia. (Foto : Instagram)

Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan salah satu taman nasional terluas di Indonesia. Letaknya berada di Papua Barat di area seluas 1.453.500 hektare. Ini menjadikannya sebagai taman nasional terbesar kedua di Indonesia setelah Taman Nasional Lorentz di Papua.

Keanekaragaman hayati yang mendominasi di Taman nasional ini yakni biota lautnya. Karena di sini kawasannya sebagian besar perairan sehingga banyak sekali biota laut yang dikonservasi di salah satu taman nasional terluas di Indonesia tersebut. 

Sebagai rumah dan surganya terumbu karang dan beragam biota laut, menjadikan kawasan ini juga sebagai surga para pecinta diving atau selam dan snorkling. Untuk hewan khas yang dikonservasi di taman nasional ini adalah hiu paus, yang merupakan hewan terbesar di dunia sehingga menjadi daya pikat bagi para penyelam.

2. Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Taman nasional Terluas di Indonesia berikutnya yakni Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Taman nasional ini terletak di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara yang memiliki luas 1.453.500 hektar. 

Taman nasional terluas di Indonesia yang satu ini merupakan tempat konservasi sekaligus rumah buat si cantik bidadari Halmahera.

Taman nasional ini merupakan wilayah yang memiliki ekosistem hutan hujan dataran rendah hingga hutan hujan pegunungan. Di sini juga menjadi rumah beberapa spesies endemik khas Halmahera yang tidak akan bisa ditemukan di wilayah lain.

Selain berkeliling menikmati keanekaragaman hayati, di sini dapat melakukan berbagai kegiatan lain seperti menyusuri sungai, trekking hutan rimba, menyusuri gua karst dan beberapa kegiatan menarik lainnya. 

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: