8 Taman Nasional Terluas di Indonesia, Nomor 5 Terbesar di Asia Tenggara

Fajar Hendra Jaya ยท Rabu, 03 Agustus 2022 - 18:13:00 WIT
8 Taman Nasional Terluas di Indonesia, Nomor 5 Terbesar di Asia Tenggara
Taman Nasional Lorentz yang merupakan taman nasional terluas di Indonesia bahkan Asia Tenggara. (Foto : Instagram @lorentznationalpark_official)

3. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu taman nasional terluas di Indonesia yang terletak di Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kabupaten Wakatobi.

Nama Wakatobi merupakan akronim dari nama 4 gugus pulau besar yang ada di sana, yakni Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan juga Binongko.

Taman nasional ini merupakan salah satu surga bawah laut dunia dan juga bagian dari jantung segitiga terumbu karang dunia.

Tak hanya terumbu karang, tetapi ada 112 spesies ikan hidup di salah satu taman nasional terluas di Indonesia ini. Pada tahun 2012, Taman Nasional Wakatobi dinobatkan sebagai masuk bagian Jaringan Cagar Biosfer Dunia.

Taman Nasional Wakatobi salah satu taman nasional terluas di Indonesia. (Foto : Ist)
Taman Nasional Wakatobi salah satu taman nasional terluas di Indonesia. (Foto : Ist)

4. Taman Nasional Kayan Mentarang

Taman nasional terluas di Indonesia berikutnya yakni Taman Nasional Kayan Mentarang. Taman Nasional ini memiliki luas sebesar 1.360.500 hektare yang membentang di Kalimantan Utara.

TN Kayan Mentarang ini juga menjadi tapal atas dan perbatasan negara Indonesia dengan Malaysia yakni Serawak di bagian barat dan Sabah di bagian utara. Kawasan konservasi TN Kayan Mentarang ini saksi perjalanan peradaban manusia purba dan zaman batu serta di dalamnya terdapat kawasan hutan tertua dan terbesar di Pulau Kalimantan dan bahkan Asia Tenggara

Taman nasional ini merupakan rumah bagi hewan endemik dari Kalimantan yakni Macan Dahan (Neofelis nebulosa) dan Lutung dahi putih (Presbytis fontata). Di sini juga terdapat beberapa flora seperti anggrek, kantong semar dan juga palem.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: