8 Taman Nasional Terluas di Indonesia, Nomor 5 Terbesar di Asia Tenggara

Fajar Hendra Jaya ยท Rabu, 03 Agustus 2022 - 18:13:00 WIT
8 Taman Nasional Terluas di Indonesia, Nomor 5 Terbesar di Asia Tenggara
Taman Nasional Lorentz yang merupakan taman nasional terluas di Indonesia bahkan Asia Tenggara. (Foto : Instagram @lorentznationalpark_official)

7. Taman Nasional Betung Karihun 

Taman nasional terluas di Indonesia berikutnya yakni Taman Nasional Betung Karihun. Taman Nasional ini berlokasi Kalimantan Barat dan didirikan sejak tahun 1992. 

Taman Nasional ini memiliki luas 8.000 km persegi. Taman nasional ini digunakan tempat konservasi dan rumah bagi orangutan yang memang habitat aslinya berada di hutan Kalimantan. 

Dan ekosistem di hutan ini terdiri atas 3 jenis hutan yakni hutan lindung, hutan konservasi dan juga hutan produksi. Taman nasional ini merupakan tempat tinggal dari suku asli Kalimantan yakni suku Dayak Punan, Dayak Iban, Dayak Kayan dan Dayak Taman Kantuk.

8. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman nasional terluas di Indonesia yang terakhir yakni Taman Nasional Gunung Leuser. Taman nasional ini secara administratif berada di dua Provinsi yang berbeda yakni di Provinsi Aceh dan juga Sumatera Utara.

Taman nasional ini memiliki luas 1.094.692 hektare. Taman nasional ini menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2004, bersamaan dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, dan juga  Taman Nasional Kerinci Seblat. 

Ekosistem yang ada di Taman Nasional Gunung Leuser antara lain yakni ekosistem hutan  bakau, hutan hujan tropis dataran rendah, hutan tropis pegunungan, serta ekosistem pegunungan sub-alpin.Suhu udara rata-rata di Taman Nasional Gunung Leuser antara 21,1° – 27,5° Celcius dengan curah hujan berada pada kisaran 3.000 – 4.600 mm per tahun.

Di taman nasional terluas di Indonesia yang satu ini  memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang dikonservasikan serta menjadi habitat asli mereka untuk tinggal. Untuk flora yang ada di sini yakni pohon payung raksasa, rafflesia atjehensis, kantong semar hingga anggrek sepatu.

Fauna yang bisa kita temukan disini dan termasuk hewan yang dilindungi yakni badak sumatera, siamang, mawas, rusa sambar dan kucing hutan. Maka dari itu, perlunya dijaga keseimbangan ekosistem TN ini agar tetap terjaga dan bisa digunakan perkembangbiakkan flora dan fauna yang dilindungi agar bisa tetap lestari.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: