Tidak Berwenang, Kelurahan di Sorong Keluarkan Rekomendasi Rapid Test Gratis

Antara ยท Rabu, 15 Juli 2020 - 12:05:00 WIT
Tidak Berwenang, Kelurahan di Sorong Keluarkan Rekomendasi Rapid Test Gratis
Pedagang Pasar Youtefa ikut rapid test. (Foto: iNews/Edy Siswanto).

SORONG, iNews.id - Sejumlah kelurahan di Kota Sorong, Papua Barat, mengeluarkan surat rekomendasi rapid test gratis bagi warga. Padahal mereka tidak berwenang untuk menerbitkan dokumen tersebut.

Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sorong, Herlin Sasabone mengatakan, kelurahan hanya boleh memberikan surat keterangan tidak mampu kepada warganya. Bukan rekomendasi untuk rapid test gratis.

"Masih ada kelurahan yang mengeluarkan surat rekomendasi kepada masyarakat untuk mendapatkan tes cepat gratis di Puskesmas padahal bukan kewenangannya," kata Herlin di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (15/7/2020).

Menurut dia, surat rekomendasi ini hanya bisa dikeluarkan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sorong. Warga hanya perlu membawa dokumen penyerta seperti KTP dan surat tidak mampu dari kelurahan.

Lalu mereka mendatangi puskesmas agar bisa rapid test tanpa pungutan biaya. Selain itu, pemeriksaan cepat ini juga hanya dikhususkan bagi warga yang ingin melakukan perjalanan, termasuk mahasiswa dan pelajar.

"Diharapkan masyarakat kurang mampu, mahasiswa, dan pelajar yang mau mendapatkan tes cepat gratis langsung melapor ke Gugus Tugas dengan membawa persyaratan yang diminta," ujar dia.

Saat ini Pemerintah Kota Sorong telah melakukan rapid test gratis kepada 1.163 orang. Semua warga tersebut dapat melakukan pemeriksaan di 10 puskesmas yang tersebar di dekat permukiman warga.

"Rapid test ini didominiasi para pelaku perjalanan dari kalangan tidak mampu," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal