Video Viral Anggota KPPS di Asmat Coblos Sendiri Surat Suara Pilkada

Edy Siswanto ยท Jumat, 11 Desember 2020 - 15:00:00 WIT
Video Viral Anggota KPPS di Asmat Coblos Sendiri Surat Suara Pilkada
Video viral diduga anggota KPPS di Asmat mencoblos sendiri surat suara. (Foto: iNews/Edy Siswanto).

JAYAPURA, iNews.id - Video viral diduga anggota KPPS di Kabupaten Asmat, Papua, mencoblos sendiri surat suara. Rekaman kejadian ini beredar di media sosial

Dalam video berdurasi 2 menit 19 detik itu tampak ada tiga orang diduga oknum anggota KPPS yang sedang mencoblos surat suara salah satu pasangan calon yang menjadi pilihan mereka.

Komisioner Bawaslu Papua, Amandus Situmotang, membenarkan video viral tersebut merupakan oknum KPPS di Kabupaten Asmat. Kasus ini sudah ditangani pihak pengawas pemilu setempat dan Sentra Gakumdu.

Menurut dia, ada delapan TPS di Kabupaten Asmat melaksanakan pemilu menggunakan sistem noken, yang sebetulnya tidak tertuang secara nasional.

"Dari delapan TPS di tiga Distrik melakukan sistem noken, ini tidak ada dan tidak dibenarkan karena di Asmat sudah harus menggunakan sistem coblos bukan mufakat," ujar Amandus di Kota Jayapura, Papua, Jumat (11/12/2020).

Namun oknum KPPS ini mencoblos surat suara dengan cara mufakat atau masih menerapkan sistem noken. Ketiga Distrik tersebut yakni Distrik Kopai tepatnya TPS Kampung Sinipit, Distrik Akat, TPS Kampung Ayama dan 6 TPS yang berada di Distrik Agats.

"Karena hari ini batas penyampaian rekomendasi PSU, kami sudah berkordinasi dengan Bawaslu Asmat untuk rekomendasi itu ke KPU Kabupaten Asmat," ujar dia.

Pilkada Asmat diikuti dua pasangan calon yakni pasangan nomor urut 1 Elisa Kambu - Thomas Eppe Safanpo dan pasangan nomor urut 2 Yulianus Payzon Aituru - Bonafasius Jakfu.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal