7 Bulan Jadi Zona Hijau Covid-19, Kabupaten Asmat Kini Hadapi Transmisi Lokal

Antara · Senin, 26 Oktober 2020 - 13:44:00 WIT
7 Bulan Jadi Zona Hijau Covid-19, Kabupaten Asmat Kini Hadapi Transmisi Lokal
Penjabat Bupati Asmat Triwarno Purnomo didampingi Direktur RSUD Agats dr Yenny Yokung Young dan dr Steven Langi memberikan keterangan pers di Asmat. (Foto: Antara)

TIMIKA, iNews.id - Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, mulai mengalami transmisi lokal Covid-19 pada Oktober ini setelah tujuh bulan bisa menjaga dan mempertahankan status zona hijau dari penularan virus corona. Saat ini, tercatat 19 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di kabupaten ini.

Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asmat, dari 19 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, 13 orang di antaranya petugas kesehatan. Sebanyak 12 orang di antaranya bertugas di RSUD Agats dan satu orang bertugas di puskesmas di luar Kota Agats, ibu kota Kabupaten Asmat.

Direktur RSUD Agats dr Yenny Yokung Young mengatakan, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 rata-rata berusia produktif antara 20-30 tahun. Seluruhnya mengalami gejala ringan. Salah satu pasien yang terpapar diketahui dalam kondisi hamil.

"Penanganan pasien tidak semuanya dilakukan di RSUD yang baru. Ada pasien yang bisa melakukan karantina mandiri jika kondisi memungkinkan," kata dr Yenny Yokung Young, Minggu (25/10/2020).

Yenny mengatakan, selama masa isolasi, para pasien diberikan asupan makanan yang cukup serta vitamin sambil menunggu jadwal pemeriksaan usap kedua, yaitu 10 hari setelah tes usap pertama.

Dari 19 pasien Covid-19 di Kabupaten Asmat, empat orang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Kondisi mereka sekarang berangsur-angsur membaik.

Para pasien, sebelumnya sempat mengalami gejala penurunan kemampuan mencium aroma dan mati rasa. Namun, sejauh ini belum ada pasien yang mengalami penyakit penyerta atau komorbit. Perkembangan kondisi kesehatan para pasien selalu dipantau secara ketat oleh dokter spesialis.

"Tim medis kami berjaga selama 24 jam di RSUD Agats yang baru. Para tenaga kesehatan yang positif tidak boleh bepergian keluar sebelum dinyatakan negatif," katanya.


Editor : Maria Christina