Warga di Intan Jaya Mengungsi hingga ke Nabire dan Paniai Sejak 2020

Antara ยท Selasa, 23 Februari 2021 - 17:10:00 WIT
Warga di Intan Jaya Mengungsi hingga ke Nabire dan Paniai Sejak 2020
Ratusan pengungsi konflik KKB di Kabupaten Intan Jaya saat berada di lokasi pengungsian. (Foto: iNews/ Edy Siswanto)

INTAN JAYA, iNews.id - Sebagian warga di Kabupaten Intan Jaya, Papua, dilaporkan sudah mulai mengungsi sejak 2020. Mereka meninggalkan kampung halamannya menuju ke Kabupaten Nabire dan Paniai.

Direktur SKP Keuskupan Timika, Saul Wanimbo mengatakan, sebagian dari warga ini sudah mengungsi sejak pertengahan 2020. Namun  Keuskupan Timika belum bisa mengidentifikasi warga Intan Jaya yang masuk ke wilayah Kabupaten Mimika.

"Mereka memilih mengungsi ke sejumlah kabupaten tetangga seperti ke Nabire dan Paniai termasuk di Timika. Tapi di Keuskupan Timika belum bisa mengidentifikasinya," kata Saul di Kabupaten Mimika, Papua, Senin (22/2/2021).

Saat ini Keuskupan Timika berharap ketua-ketua kombas di Paniai dan Nabire bisa berinisiatif mendeteksi pengungsi warga Kabupaten Intan Jaya yang berada di wilayah mereka.

"Ini akan menjadi tugas tim pastoral Keuskupan Timika yang ada di Nabire dan Paniai untuk mengakomodasi sumbangan-sumbangan yang masuk agar bisa disalurkan," ujar dia.

Saul mengakui, saat ini sulit bagi warga untuk beraktivitas kembali ke kebun. Keuskupan masih tetap berharap adanya donasi dari warga untuk meringankan beban masyarakat di Intan Jaya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal