Wow, 5 Penyu Raksasa Bertelur di Pantai Raja Ampat

Antara ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 11:55:00 WIT
Wow, 5 Penyu Raksasa Bertelur di Pantai Raja Ampat
Penyu raksasa mengerami telur di pantai kawasan Raja Ampat. (Foto: Antara).

WAISAI, iNews.id - Lima ekor penyu raksasa mendarat dan bertelur di kawasan Pantai Warebar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Satwa laut tersebut berjenis penyu belimbing atau dermochelys coriacea.

Penggiat konservasi menyebut ukuran penyu tersebut sangat besar. Mereka sedang mengerami telur di kawasan Pantai Warebar, Kampung Yenbekaki.

Ketua kelompok penggiat konservasi penyu di Kampung Yenbekaki, Yusuf Mayor mengatakan, timnya akan menjaga sarang telur kelima penyu belimbing tersebut dari serangan hewan pemangsa dan pemburu telur penyu.

"Kami memprediksi awal Agustus telur penyu belimbing menetas menjadi ratusan tukik atau bayi penyu dapat kembali ke laut," kata Yusuf Mayor di Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (8/7/2020).

Dia mengatakan, jumlah penyu yang bertelur di Pantai Warebar tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. Sebelumnya hanya ada dua penyu yang bertelur di pantai tersebut.

Menurutnya, warga di sana berinisiatif secara swadaya melestarikan penyu. Mereka pun membuat kelompok penggiat konservasi penyu di tingkat kampung, menjaga dan melindungi hewan tersebut.

"Kami berkomitmen menjaga kelestarian alam, terutama dengan melakukan perlindungan penyu belimbing dan jenis lainnya, agar tidak punah dan dapat dinikmati oleh generasi di masa yang akan datang," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: