2 Penumpang Reaktif Rapid Test Lolos Naik KM Sinabung Menuju Sorong

Antara ยท Selasa, 08 September 2020 - 11:55 WIT
2 Penumpang Reaktif Rapid Test Lolos Naik KM Sinabung Menuju Sorong
KM Sinabung bersandar di Pelabuhan Sorong. (Foto: Antara).

MANOKWARI, iNews.id - Dua penumpang reaktif rapid test Covid-19 lolos naik KM Sinabung dari wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) hingga Pelabuhan Sorong. Kondisi ini terjadi diduga karena kelalaian petugas saat pemeriksaan dokumen.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Sorong, Herlin Sasabone, membenarkan adanya kejadian itu. Dia menyayangkan petugas yang tidak teliti mengecek dokumen penumpang.

"Dokumen hasil tes cepat Covid-19 tertulis reaktif dan tertera cap validasi kantor karantina kesehatan pelabuhan," kata Herlin di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Selasa (8/9/2020).

Dua penumpang reaktif Covid-19 tersebut langsung dipisahkan dari penumpang lainnya guna didata untuk dilaporkan ke puskesmas tempat tinggalnya di Pulau Doom, Kota Sorong.

Menurut dia, kejadian ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak yang terlibat dalam penanganan Covid-19 agar tidak terulang kembali. Apalagi ada syarat yang harus dipatuhi sebagai protokol pencegahan virus corona.

"Hasil tes cepat Covid-19 reaktif tersebut telah dicap valid dan hal tersebut tidak boleh terjadi demi upaya pencegahan penyebaran virus corona," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal