3 Warga Diamankan Dekat Honai Anggota KKB Numbuk Talenggen Dipulangkan ke Keluarga

Andi Mohammad Ikhbal ยท Senin, 17 Mei 2021 - 11:25:00 WIT
3 Warga Diamankan Dekat Honai Anggota KKB Numbuk Talenggen Dipulangkan ke Keluarga
Tim gabungan TNI-Polri berhasil menguasai satu markas KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya di Nduga. (Foto: Puspenad)

JAYAPURA, iNews.id - Ada tiga orang yang diamankan personel gabungan TNI Polri saat menggerebek honai atau rumah adat milik Numbuk Talenggen. Saat ini mereka sudah dipulangkan ke keluarga masing-masing.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, dalam penegakan hukum ini, penyidik tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah

"Termasuk tiga orang yang diamankan. Tetap mendasari alat bukti yang cukup," kata Kombes Pol Iqbal dalam keterangannya, Senin (17/5/2021).

Menurut dia, setelah menjalani pemeriksaan petugas, ketiga warga ini terbukti tidak bersalah, sehingga mereka dipulangkan ke keluarga masing-masing.

Sebelumnya, personel TNI Polri menggerebek honai milik anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Numbul Talenggen pada Sabtu (15/5/2021) sore di tanah merah bawah Kampung Ninggabuma, Distrik Gome.

Hasil dari penggerebekan di honai Numbuk Talenggeng antara lain senapan angin, peluru kaliber 5,56, empat ponsel, 30 anak panah, dan beberapa dokumen OPM.

Numbuk Talenggeng yang merupakan anggota dari kelompok Lekagak Telenggen sampai saat ini masih dikejar oleh aparat gabungan TNI Polri. 

Tiga orang yang tinggal berlainan honai kurang lebih 100 meter dari honai Numbuk, tepatnya di tanah merah atas turut diamankan ke Pos Raider 715 Gome yang selanjutnya diserahkan ke Satgas Ops Nemangkawi.

Mereka yang diamankan berinisial YAW (34), MM (17), dan OM (41) dan telah diperiksa. Dari keterangan yang didapat, mereka bukan bagian dari komplotan KKB.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal