Akses Keluar Masuk Menuju Teluk Wondama Mulai Dibuka Kembali

Antara ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 14:40:00 WIT
Akses Keluar Masuk Menuju Teluk Wondama Mulai Dibuka Kembali
Operasional kapal di pelabuhan Teluk Wondama. (Foto: Antara).

TELUK WONDAMA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama mulai melonggarkan akses transportasi terutama angkutan penumpang masuk dan keluar daerah. Namun protokol kesehatan tetap diberlakukan secara ketat.

Wakil Bupati Teluk Wondama, Paulus Indubri mengatakan, semua yang masuk wajib mengantongi surat keterangan bebas Covid-19 hasil rapid test. Begitu juga mereka yang akan melakukan perjalanan keluar daerah.

"Siapa saja, termasuk para pejabat. Terutama mereka yang naik pesawat dan kapal," kata Wabup Paulus di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Kamis (25/6/2020).

Pada 18 Juni lalu, KM Margareth, kapal swasta yang melayari rute Manokwari-Wasior telah diizinkan mengangkut penumpang setelah akses transportasi tersebut ditutup selama dua bulan terakhir.

Pemerintah nantinya juga akan mengizinkan kapal penumpang lain yang biasa menyinggahi Pelabuhan Wasior seperti KM Ekspress Bahari, KM Napan Wainami serta kapal-kapal perintis lainnya.

"Relaksasi ini akan jalan terus. Sebentar lagi kapal Napan dan kapal perintis juga akan berlayar. Tapi, persyaratan untuk orang berangkat kita buat ketat," ujar Kepala Dinas Perhubungan Bernardus Setiawan.

Namun ada sejumlah batasan frekuensi pelayaran, seperti satu pekan sekali untuk KM Margareth dan KM Ekspress Bahari. Tujuannya untuk membatasi pergerakan orang keluar masuk Kabupaten Teluk Wondama.

"Jadi tidak membuat orang membludak untuk melakukan perjalanan. Hanya orang dengan urusan penting saja baru boleh berjalan," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal