Tunggu Hasil Tes Swab, 3 Pasien Terakhir di Teluk Wondama Terus Membaik

Antara ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 14:48:00 WIT
Tunggu Hasil Tes Swab, 3 Pasien Terakhir di Teluk Wondama Terus Membaik
Penanganan pasien virus corona di RSUD Jayapura Papua. (Foto: Antara).

ISEI, iNews.id - Tiga pasien positif virus corona di Kabupaten Teluk Wondama, Papua, terus membaik. Mereka tidak lagi menunjukkan gejala sakit dan tinggal menunggu hasil tes swab dari Balitbangkes Makassar.

Direktur RSUD Teluk Wondama, dr Yoce Kurniawan mengatakan, prognosis tiga pasien tersebut cukup bagus selama menjalani isolasi di rumah sakit. Mereka menjalani perawatan intensif selama hampir tiga pekan.

"Tapi belum bisa kami keluarkan, karena menunggu uji swab. Kalau hasilnya negatif, kita kembali ke zona kuning nantinya," kata dr Yoce di Isei, Kabupaten Teluk Wondama, Papua, Selasa (16/6/2020).

Meskipun tiga pasien positif berpeluang besar sembuh, namun kasus pasien dalam pengawasan atau PDP di Kabupaten Teluk Wondama dalam sepekan terakhir terus bertambah.

Hingga Senin (15/6/2020) kemarin tercatat ada lima PDP yang masih dalam pemeriksaan. Empat kasus tersebut di antaranya merupakan temuan baru. Kemudian ada tiga orang dalam pengawasan (ODP) dan 11 orang tanpa gejala (OTG).

"OTG itu adalah mereka yang kontak dekat dengan empat kasus PDP baru jadi total ada 18 sampel yang kami kirim. Hasilnya keluar paling cepat pada 20 Juni," ujar dia.

Sementara ini, Kabupaten Teluk Wondama belum bisa menerapkan tatanan new normal. Sebab dengan adanya penambahan tiga kasus terakhir, daerahnya masuk lagi sebagai zona merah.

"Kita tetap harus waspada karena kita masih zona merah dan secara kasus malah bertambah jadi untuk normal baru kita belum bisa,“ ujar Ketua IDI Teluk Wondama itu.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal