Alternatif Beras, Warga Sorong Jadikan Sagu Cadangan Makanan saat Pandemi Covid-19

Antara ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 12:45:00 WIT
Alternatif Beras, Warga Sorong Jadikan Sagu Cadangan Makanan saat Pandemi Covid-19
Pohon sagu di Salawati Tengah sebagai cadangan pangan warga. (Foto: Antara).

SORONG, iNews.id - Warga di Kabupaten Sorong, Papua Barat, menjadikan sagu sebagai cadangan makanan pengganti beras di masa pandemi Covid-19. Dengan begitu mereka tidak pernah merasa kekurangan stok pangan.

Cara ini dipakai oleh warga di Salawati Tengah. Mereka masih melestarikan hutan sagu yang sudah turun temurun dijaga dan dipanen setiap musimnya.

"Jika wabah virus corona berkepanjangan dan kekurangan beras masyarakat Salawati Tengah tak akan takut karena kami punya hutan sagu yang luas sebagai cadangan pangan pengganti beras," kata tokoh adat Maralol Salawati Tengah, Mesak Moifilit, Kamis (16/7/2020).

Menurut dia, zaman dahulu warga Salawati Tengah memang tidak menggantungkan hidupnya dengan pangan beras. Mereka memilih mengolah sagu dan menjadikannya makanan, di antaranya papeda.

Tapi sekarang, banyak warga yang memilih makanan dari beras dan sagu hanya cadangan. Tapi warga tetap tidak keberatan bila nantinya harus mengonsumsi sagu bila terjadi kelangkaan stok beras.

"Kami percaya bahwa alam pasti akan memberikan sumber kehidupan bagi manusia jika manusia tetap berkomitmen menjaga kelestarian alam," ujar dia.

Salah satunya, sebagian warga di Salawati Tengah bahkan mengolah sagu dan menjualnya ke Kota Sorong. Bahan pangan tersebut masih diminati oleh restoran-restoran dan wisatawan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal