Ini Nama-Nama Pentolan KKB yang Diincar Personel Gabungan TNI Polri

Antara ยท Senin, 03 Mei 2021 - 14:30:00 WIT
Ini Nama-Nama Pentolan KKB yang Diincar Personel Gabungan TNI Polri
Pimpinan KKB Legakak Telenggen. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Ada enam kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang dinilai aktif membuat gangguan keamanan di wilayah pegunungan Papua. Tiap-tiap kelompok dipimpin oleh komandan atau pentolan yang masuk daftar pencarian orang.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan, sejumlah pimpinan KKB yang masuk DPO TNI Polri di antaranya yakni Lekagak Telenggen, Militer Murib, Sabinus Waker, Egianus Kogoya dan beberapa lainnya.

"Kelompok Lekagak Telenggen di Kabupaten Puncak itu sekarang terbagi dalam dua kelompok," ujar Irjen Fakhiri di Kota Jayapura, Papua, Senin (3/5/2021).

Pascapembunuhan dua guru yang bertugas di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak pada 8 - 9 April 2021, aparat TNI dan Polri dikirim ke Beoga untuk memulihkan keamanan, sekaligus melakukan penegakan hukum terhadap para pelaku.

Hasil pemetaan TNI Polri, ada enam komplotan KKB yang kini berada di wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak. Mereka merupakan kelompok yang berbasis di Kabupaten Intan Jaya dan Nduga.

Markas beraktivitas kelompok ini terbagi di beberapa wilayah, seperti Ilaga dan Beoga di Kabupaten Puncak, Sugapa Kabupaten Intan Jaya dan Nduga. Namun saat ini kelompok ini sedang berada di wilayah Ilaga dan Beoga.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal