Masih Berduka, Koalisi Parpol Belum Mau Bahas Pengganti Klemen Tinal sebelum 40 Hari

Omega Batkorumbawa ยท Senin, 14 Juni 2021 - 08:50:00 WIT
Masih Berduka, Koalisi Parpol Belum Mau Bahas Pengganti Klemen Tinal sebelum 40 Hari
Jenazah Wagub Papua Klemen Tinal disemayamkan di Rumah Duka Sentosa, Jumat (21/05/2021). (Foto: MPI/Jonathan Simanjuntak)

JAYAPURA, iNews.id - Koalisi partai politik (parpol) pendukung Lukas Enembe-Kleman Tinal belum mau membahas posisi Wakil Gubernur Papua karena masih suasana berduka. Masalah ini baru akan dikomunikasi setelah 40 hari.

Ketua Koalisi Papua Bangkit Lukmen Jilid II, Mathius Awitouw mengatakan, mencari pengganti untuk kekosongan wakil gubernur memang menjadi tanggung jawab koalisi.

"Tapi kami berpendapat, situasi masih berduka. Jadi koalisi tidak akan melakukan koordinasi dan komunikasi membicarakan pengganti almarhum Klemen Tinal sementara ini," kata Mathius di Kota Jayapura, Minggu (13/6/2021).

Dia mengatakan, kemungkinan setelah 40 hari baru akan ada pembicaraan lebih lanjut terkait siapa yang akan diusulkan menjadi pendamping Gubernur Lukas Enembe.

Nanti pihak koalisi akan mengagendakan pertemuan dengan delapan pimpinan partai koalisi yang mendukung pasangan calon Lukas Enembe-Klemen Tinal saat pilkada lalu.

"Koalisi juga akan mendengar arahan gubernur Lukas Enembe, sebab berpasangan harus cocok. Makanya pandangan gubernur juga menjadi penting," ujarnya.

Mathius juga menambahkan, nantinya akan ada tiga nama yang akan diajukan ke DPRD untuk dibahas sesuai dengan mekanisme perundang-undangan yang berlaku.

"Proses ini tidak akan terlalu lama karena pemerintahan ada sejumlah agenda besar, sehingga membutuhkan posisi seorang wakil gubernur," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal