Nama-Nama Penjabat Gubernur 3 Provinsi Baru Papua Sudah di Kantong Wapres

Antara ยท Selasa, 02 Agustus 2022 - 20:51:00 WIT
Nama-Nama Penjabat Gubernur 3 Provinsi Baru Papua Sudah di Kantong Wapres
Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah menyerahkan usulan daftar nama penjabat gubernur untuk tiga provinsi baru Papua. Nama-nama tersebut sudah di kantong Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi mengatakan soal nama pj gubernur untuk Provinsi Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua Pegunungan memang sudah ada di Wapres namun belum dibahas secara detail.

"Bapak Mendagri tadi sudah melaporkan mengenai siapa yang akan menjadi pemimpin di wilayah-wilayah baru. Aspirasinya sudah banyak, beberapa tokoh, disebutkan beberapa nama, tapi semuanya masih belum final," ujarnya di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Masduki menyampaikan hal tersebut seusai mengikuti rapat tentang Papua yang dipimpin Wapres Ma'ruf Amin dan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menurutnya, Wapres Ma'ruf Amin lebih fokus pada pembangunan infrastruktur dan aturan baru di tiga provinsi baru Papua.

"Semuanya sudah disampaikan tapi belum ada yang final karena semua sifatnya masukan dan lebih kepada bagaimana Wapres 'concern' supaya persiapan di lapangan betul-betul untuk infrastruktur dan aturan-aturan agar tidak ada konflik di daerah. Itu yang lebih diutamakan Wapres, harapannya seperti itu," katanya.

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo memastikan penjabat gubernur untuk tiga provinsi baru di Papua sudah digodok Kemendagri. Menurut Wempi, kementeriannya sudah melakukan kunjungan ke tiga provinsi untuk mempersiapkan hal terkait.

Diketahui pada 30 Juni 2022, DPR dan pemerintah telah menyepakati tiga undang-undang pembentukan provinsi baru di Papua.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: