OTG di Jayapura Akan Dipulangkan dari Rumah Sakit, Mereka Lanjutkan Isolasi Mandiri

Antara ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 16:30 WIB
OTG di Jayapura Akan Dipulangkan dari Rumah Sakit, Mereka Lanjutkan Isolasi Mandiri
Senam bersama dengan pasien Covid-19 di Jayapura. (Foto: iNews/Darul Muttaqien).

JAYAPURA, iNews.id - Sejumlah pasien suspect virus corona berstatus orang tanpa gejala atau OTG akan dipulangkan ke rumah masing-masing. Karena rumah sakit dikhususkan untuk pasien dengan gejala Covid-19 atau memiliki penyakit penyerta dan butuh perawatan.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengatakan, opsi lainnya para OTG dan warga yang masuk dalam pemantauan (ODP) bakal dikarantina di Hotel Sahid Jayapura.

"Nanti pasien yang dirawat di RSUD Jayapura itu adalah pasien berstatus positif Covid-19 yang membutuhkan perawatan," kata dia di Kota Jayapura, Papua, Selasa (30/6/2020).

Dia juga meminta, manajemen RSUD Jayapura memanfaatkan gedung lama UGD khusus untuk penanganan pasien positif Covid-19. Sedangkan gedung baru kembali dibuka untuk umum.

"Supaya ada keseimbangan pelayanan kesehatan untuk pasien Covid-19 maupun panyakit lainnya," ujar dia.

Untuk rumah sakit lainnya, dia meminta segera berbenah mempersiapkan pelayanan bagi pasien non-corona. Kecuali RSUD Abepura yang benar-benar khusus menjadi rumah sakit rujukan penanganan pasien Covid-19.

"Sedangkan yang lain tetap menangani pasien Covid-19 dan umum," ujar dia.

Sementara untuk rumah sakit swasta yang memiliki standar operasional sendiri, kata dia, Pemerintah Provinsi Papua terus membangun komunikasi baik. Tujuannya agar pelayanan kesehatan tetap berjalan baik.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal